kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Pasangan EUR/JPY didominasi sentimen dari Eropa


Selasa, 23 Juli 2019 / 23:44 WIB
Pasangan EUR/JPY didominasi sentimen dari Eropa

Reporter: Intan Nirmala Sari | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tergerus sentimen negatif dari Eropa, pasangan kurs EUR/JPY bakal melanjutkan koreksi pada perdagangan Rabu (24/7). Padahal, dalam waktu dekat belum ada data berarti yang bakal dirilis Jepang.

Berdasarkan data Bloomberg pukul 22.04 WIB, pasangan EUR/JPY tercatat melemah sebanyak 0,31% ke level 120,54. Analis HFX Internasional Berjangka Ady Phangestu mengatakan, pergerakan pasangan kurs tersebut cenderung temporary flat.

"Tidak ada data dari Jepang, jadi pergerakan pasangan kurs tersebut justru lebih dipengaruhi dari data Amerika Serikat (AS)," kata Ady kepada Kontan.co.id, Selasa (23/7).

Secara teknikal, pergerakan pasangan kurs EUR/JPY berada dalam tren minor. Saat ini harga memantul dari harga low bulan Juni di 120,78 sebagai support, kemudian harga tengah pivot berindak sebagai resistance terdekat, yang disambung dengan resistance lanjutan di 123,35. Menurutnya, pelemahan euro bisa mengantarkan pair ini ke harga low Januari di harga 118,79.

Dilihat dari indikator moving average (MA) menunjukkan pergerakan berulang yang lebih dominan, untuk indikator RSI di level 14 berada dalam sentiment negatif, sedikit mendekati level 50.

Baca Juga: Menanti arah ECB, EUR/USD masih akan tertekan

Ady menjelaskan, pelepasan harga di bawah 120,75 akan mengantarkan pasangan itu ke level 120 sebagai level psikologi.

"Sementara itu, penguatan euro  berkemungkinan membawanya untuk menguji kekuatan EMA 200. Secara samar, sedikit memberikan bias divergensi," jelasnya.

Untuk itu, pada perdagangan Rabu (24/7) diprediksi masih akan bergerak flat karena berada di area sideway. Adapun rentang resistance besok yakni 108,35 dan 109, sedangkan untuk level support 107,20 dan 106,75. Untuk jangka pendek investor masih direkomendasikan sell, sedangkan untuk jangka menengah bisa hold untuk kemudian buy.




TERBARU

Close [X]
×