kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45789,54   -7,05   -0.89%
  • EMAS940.000 0,64%
  • RD.SAHAM 0.78%
  • RD.CAMPURAN 0.40%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.06%

Pandemi covid-19 tidak menghalangi investor asing buru global bond BUMN


Selasa, 05 Mei 2020 / 22:01 WIB
Pandemi covid-19 tidak menghalangi investor asing buru global bond BUMN
ILUSTRASI. Aktivitas karyawan yang memantau perdagangan obligasi atau surat utang di dealing room Bank BRI di Jakarta, Selasa (12/8/2014). Pemerintah kembali melelang tiga seri sukuk atau Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) dengan target indikatif Rp 1,5 triliun. K

Reporter: Danielisa Putriadita | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pelemahan ekonomi global akibat pandemi korona tidak membuat minat investor asing menurun pada obligasi global denominasi dollar AS yang dikeluarkan Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Pada Senin (4/5), PT Hutama Karya (Persero) resmi menerbitkan global bond senilai US$ 600 juta atau setara Rp 9 triliun bila dihitung dengan kurs rupiah Rp 15.000 per dollar AS. Global bond yang pertama kali diterbitkan Hutama Karya ini memiliki jangka waktu 10 tahun.

Investor di tiga benua menyambut antusias global bond yang menawarkan kupon sebesar 3,75%.  Direktur Utama Hutama Karya Bintang Perbowo mengatakan perseroan mendapatkan kelebihan permintaan 5,8  kali dari nilai yang diterbitkan.

Baca Juga: Bank Mandiri terbitkan global bond US$ 500 juta

Investor global bond ini tersebar 42% di kawasan Asia, Eropa, Timur Tengah dan Afrika sebesar 30% dan Amerika Serikat sebesar 28%.

Bintang mengatakan harga kupon global bond ini sangat kompetitif di tengah situasi ekonomi yang cukup sulit akibat pandemi korona. Namun, dari kelebihan permintaan yang ada menunjukkan Indonesia masih dipercaya investor meski kondisi pasar keuangan masih fluktuatif.

Direktur Utama PT Mandiri Sekuritas, Dannif Danusaputro sebagai join lead underwriter menambahkan, faktor yang membuat global bond ini banyak diminati investor asing adalah karena memiliki rating investment grade dan memiliki fasilitas government guarantee.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×