kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Obligasi PUB IV tahap VIII milik SMF resmi tercatat di bursa


Senin, 25 Maret 2019 / 11:44 WIB
Obligasi PUB IV tahap VIII milik SMF resmi tercatat di bursa


Reporter: Dimas Andi | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) atau SMF resmi mencatatkan obligasi Penawaran Umum Berkelanjutan (PUB) IV tahap VIII tahun 2019 di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Senin (25/3). Nilai penerbitan obligasi ini mencapai Rp 2,51 triliun dengan rating idAAA dari PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo).

Obligasi tersebut terdiri dari dua seri, yakni Seri A dengan nilai pokok sebesar Rp 522 miliar dan tingkat bunga tetap sebesar 7,75%. Kemudian Seri B dengan nilai pokok sebesar Rp 1,98 triliun dan tingkat bunga tetap sebesar 8,45%. Seri A memiliki jangka waktu 370 hari sejak tanggal emisi, sedangkan Seri B berjangka waktu tiga tahun.

Direktur Utama SMF Ananta Wiyogo menyampaikan, minat investor untuk berinvestasi pada obligasi SMF cukup tinggi sehingga terjadi kelebihan permintaan atau oversubscribe. “Pada saat book building, obligasi PUB IV tahap VIII ini melebihi target sebesar Rp 3 triliun, tapi kami sesuaikan untuk kebutuhan dana saat ini yaitu sebanyak Rp 2,5 triliun,” ujar dia, Senin (25/3).

Ia menambahkan, dana yang diperoleh dari obligasi ini akan digunakan untuk memberikan pinjaman kepada penyalur Kredit Perumahan Rakyat (KPR) dalam rangka melaksanakan peran SMF sebagai Special Mission Vehicle (SMV). Penerbitan obligasi ini juga menjadi bentuk komitmen SMF sebagai penyedia likuiditas jangka menengah panjang bagi KPR.

Sebagai catatan, penerbitan obligasi ini merupakan bagian dari PUB IV oleh SMF yang bertujuan untuk menghimpun dana dengan target sebesar Rp 12 triliun.

Direktur SMF Heliantopo mengatakan, setelah penerbitan obligasi PUB IV tahap VIII, pihak SMF masih menyisakan target dana sekitar Rp 87 triliun. Namun, dana tersebut tidak akan dikejar dengan penerbitan tahap selanjutnya. “Sulit bagi obligasi jika sekali terbit hanya Rp 87 miliar,” imbuhnya, Senin (25/3).

SMF lebih memilih untuk mempersiapkan PUB V dengan target dana yang dihimpun dari PUB V sekitar Rp 21 triliun.

Heliantopo menyebut, jika tak ada aral melintang, obligasi PUB V tahap I diharapkan dapat segera terbit pada akhir kuartal II nanti. Adapun nilai penerbitan obligasi tersebut ditargetkan sekitar Rp 2 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×