kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Obligasi Alam Sutera laris tiga kali lipat


Selasa, 28 Januari 2014 / 16:39 WIB
Obligasi Alam Sutera laris tiga kali lipat
ILUSTRASI. Salah satu acara stasiun televisi tv SCTV dari PT PT Surya Citra Media Tbk SCMA anak PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTK), di Jakarta.


Reporter: Cindy Silviana Sukma | Editor: Sanny Cicilia

JAKARTA. Penawaran obligasi PT Alam Sutera Tbk laris manis. Dari target perolehan dana US$ 225 juta, perusahaan properti ini mendapat minat pembelian obligasi tiga kali lipat hingga US$ 735 juta. 

Alam Sutera menerbitkan obligasi denominasi dollar Amerika Serikat (AS) pada awal tahun 2014 ini dengan kupon bunga 9% per tahun untuk tenor lima tahun. Perusahaan hanya akan menyerap dana sesuai target awal.  

Sekretaris Perusahaan ASRI Hendra Kurniawan menjelaskan, obligasi global ini awalnya dibuka dengan kupon berkisar 9,25% per tahun. Namun, banyak peminat yang menawar kupon dengan bunga 9% per tahun. "Ini menguntungkan dan lebih ringan bagi perusahaan dengan bunga yang lebih kecil," ujarnya.

ASRI berencana menggunakan mayoritas emisi dana tersebut untuk merestrukturisasi (refinancing) surat utang yang diterbitkan anak usahanya, Alam Sutera International Private Limited. Total nilai terutang berjumlah US$ 150 juta dan akan jatuh tempo pada 27 Maret 2015.

Jumlah obligasi lama yang akan direstrukturisasi mencapai US$ 170 juta. Sisanya sekitar Rp 600 miliar digunakan untuk modal kerja perusahaan dan pembangunan. 

Alam Sutera telah menunjuk Citigroup Global Markets Singapore Pte. Ltd, Morgan Stanley & CO. International Plc, dan UBS AG Singapore Branch sebagai dealer manager dan solicitation agent.

Adapun, saat ini, perseroan tengah melakukan pembelian kembali (buyback) obligasi lama yang berbunga 10,75% per tahun sejak 7 Januari lalu hingga 4 Februari mendatang. Hingga 21 Januari lalu, nilai obligasi yang kembali ke Alam Sutera mencapai US$ 82,45 juta, atau hampir 55% dari total surat utang lama tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×