kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Nasihat Peter Lynch untuk Investor: Jangan Mudah Panik dan Mencoba Tebak Arah Pasar


Selasa, 05 Juli 2022 / 05:10 WIB
Nasihat Peter Lynch untuk Investor: Jangan Mudah Panik dan Mencoba Tebak Arah Pasar


Sumber: businessinsider.com | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  Investor legendaris Peter Lynch memperingatkan agar tidak berspekulasi, menguraikan kapan harus membeli dan menjual saham, dan menggarisbawahi kesia-siaan mencoba mengatur waktu pasar dalam wawancara langka dengan Fidelity.

Pemetik saham legendaris dan penulis "One Up on Wall Street" ini menekankan dalam wawancara beberapa waktu lalu bahwa investor perlu melakukan penelitian mereka sendiri, menahan keberanian mereka selama aksi jual, dan terbuka terhadap berbagai peluang.

Lynch terkenal karena memberikan pengembalian tahunan sebesar 29% selama 13 tahun sebagai manajer dana Magellan Fidelity, dan mengembangkan aset yang dikelolanya dari US$ 18 juta pada tahun 1977 menjadi US$ 14 miliar pada tahun 1990.

Baca Juga: Peter Lynch Gabungkan 2 Gaya Investasi Ini untuk Raup Untung 29% per Tahun

Berikut adalah 9 kutipan terbaik Lynch, diedit ringan dan diringkas untuk kejelasan:

1. "Di pasar saham, organ terpenting adalah perut. Bukan otak." (Lynch menjelaskan bahwa investor perlu mengetahui toleransi rasa sakit mereka, dan seringkali berhasil jika mereka hanya mempertahankan kepemilikan mereka.)

2. "Anda harus bercermin setiap hari dan berkata, 'Apa yang akan saya lakukan jika pasar turun 10%? Apa yang harus saya lakukan jika turun 20%? Apakah saya akan menjual? aku akan keluar?' Jika itu jawaban Anda, Anda harus mempertimbangkan untuk mengurangi kepemilikan saham Anda hari ini."

3. "Saham bukanlah tiket lotere. Di belakang setiap saham ada perusahaan. Jika perusahaan berjalan dengan baik, seiring waktu saham akan berjalan dengan baik, dan sebaliknya. Anda harus melihat perusahaan, itulah yang Anda teliti."

Baca Juga: Peter Lynch dan Saham Berkapitalisasi Kecil yang Beri Keuntungan Besar

4. "Masyarakat berhati-hati ketika mereka membeli rumah, ketika mereka membeli lemari es, ketika mereka membeli mobil. Mereka akan bekerja berjam-jam untuk menghemat seratus dolar untuk tiket pesawat pulang pergi. Namun mereka akan menaruh US$ 5.000 atau US$ 10.000 untuk beberapa Ide lucu yang mereka dengar di bus. Itu perjudian. Itu bukan investasi. Itu bukan penelitian. Itu hanya spekulasi total."




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×