kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,75   -27,98   -3.02%
  • EMAS1.327.000 1,30%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mulai investasi bitcoin, degocoin, ethereum dll, ini cara analisa fundamental kripto


Kamis, 27 Mei 2021 / 08:25 WIB
Mulai investasi bitcoin, degocoin, ethereum dll, ini cara analisa fundamental kripto
ILUSTRASI. Bitcoin. Mulai investasi bitcoin, degocoin, ethereum dll, ini cara analisa fundamental kripto


Reporter: Danielisa Putriadita | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID -Jakarta. Mata uang kripto atau crypto currency seperti bitcoin, ethereum, degocoin dll kini semakin marak digunakan sebagai portofolio investasi. Untuk Anda yang baru memulai investasi bitcoin, ethereum, degocoin dll, kenali cara analisa fundamental uang kripto agar bisa meraih cuan.

Seperti diketahui, pergerakan harga aset kripto seperti bitcoin, ethereum, degocoin dll dapat melesat tinggi tanpa batas, tetapi dapat juga terjun bebas. Ini menjadikan bitcoin, ethereum, degocoin dllmerupakan instrumen spekulasi.

Bank Indonesia (BI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), seperti lembaga resmi dan bank sentral banyak negara lainnya juga memandang cryptocurrency seperti bitcoin, ethereum, degocoin dll sebagai alat spekulasi.

Sebagai currency, aset kripto jelas tidak punya nilai fundamental jika tidak dapat diterima sebagai alat tukar resmi. Di sisi lain, aset kripto di Indonesia tergolong sebagai komoditas. 

Badan Pengawas Berjangka Komoditi (Bappebti) menyebut aset kripto sebagai aset yang dapat diperdagangkan di Bursa Berjangka Jakarta (BBJ). 

Meski aset kripto dianggap instrumen spekulasi, Dimaz Ankaa Wijaya, peneliti blockchain di Deakin University, Australia mengatakan aset kripto juga dapat dianalisis secara fundamental terkait prospek kenaikan harganya di masa depan. 

Baca Juga: Akhirnya, harga Bitcoin tembus US$ 40.000 terdorong faktor ini

Cara analisa fundamental kriptio bitcoin, ethereum, degocoin dll

Indikator analisis fundamental mata uang kripto yang pertama adalah informasi mengenai keunggulan teknologi dan fungsi dari koin kripto tersebut. "Saya cenderung melihat teknologi apa yang koin tersebut tawarkan, permasalahan apa bisa mereka selesaikan ketika menciptakan koin tersebut," kata Dimaz, Rabu (26/5). 

Salah satu koin kripto yang memiliki fundamental kuat dari sisi teknologi adalah ethereum. Dimaz mengatakan ethereum sudah dikenal cukup lama sebagai koin yang sukses banyak dimanfaatkan teknologinya untuk beragam jenis kegiatan. 

Hingga 2019, ethereum masih merajai sebagai platform pembuatan aplikasi desentralistik (dApp) dalam hal jumlah dan tingkat kegaiatan pengembang, berdasarkan laporan DappRadar. 

Saat itu tercatat ekosistem dApp berbasis blockchain ethereum naik 118% dengan nilai harian naik 166%. Alhasil, ethereum menjadi satu-satunya blockchain yang berhasil menumbuhkembangkan dApp di bidang keuangan desentralistik (DeFi), jual beli aset, permainan, aplikasi perjudian dan layanan investasi berisiko tinggi.

Belum lama ini, ethereum juga terus melakukan inovasi tekonologi dengan meluncurkan ethereum versi 2.0. "Ethereum teknologinya terus berkembang, mereka sadar pada ethereum versi 1 memiliki kekurangan, lalu mereka kembangan, keaktifan pengembang ethereum memberi katalis positif untuk jangka panjang," kata Dimaz. 




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×