kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45928,35   -6,99   -0.75%
  • EMAS1.321.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

MNC Vision (IPTV) Beberkan Alasan Jual Aset FTTH dan Pelanggan MNC Play


Senin, 20 November 2023 / 18:49 WIB
MNC Vision (IPTV) Beberkan Alasan Jual Aset FTTH dan Pelanggan MNC Play
ILUSTRASI. Tayangan PT MNC Vision Networks Tbk (IPTV).


Reporter: Yuliana Hema | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT MNC Vision Networks Tbk (IPTV) resmi melepas sebagian aset dan pelanggan PT MNC Kabel Mediacom (MKM) kepada PT Indosat Tbk (ISAT) dan PT Asianet Media Teknologi. 

IPTV menjual jaringan infrastruktur fiber to the home (FTTH), kabel dan infrastruktur fixed broadband kepada Asianet. Sementara subscriber atau pelanggan MNC Play dibeli oleh ISAT. 

Penjualan dan pengalihan MNC Play kepada Asianet mencapai Rp 2,42 triliun. Pada tahap pertama di 15 November 2023, IPTV telah mengantongi Rp 876,86 miliar dan sisanya akan dibayar bertahap. 

Kemudian penjualan dan pengalihan pelanggan MNC Play kepada Indosat Ooredoo Hutchinson mencapai Rp 875,86 miliar. Nilai itu telah dibayarkan pada 15 November 2023. 

Baca Juga: Prospek Bagus, Metropolitan Land (MTLA) Punya Produk Hunian di Bawah Rp 1 Miliar

Jika pembayaran oleh Asianet tuntas, maka total dana segar yang akan diperoleh emiten milik Hary Tanoesoedibjo ini mencapai Rp 3,3 triliun. 

Direktur Utama MNC Vision Networks Ade Tjendra menjelaskan penjualan aset ini membuka peluang yang besar antara Grup MNC, Indosat dan Asianet untuk mendorong industri telekomunikasi dan media. 

Tak hanya itu, penjualan aset ini juga akan memperkokoh bisnis MNC Vision sebagai perusahaan yang fokus di bisnis media yang berelasi dengan produksi konten dan hiburan. 

"Kami tidak terlalu menyentuh bisnis infrastruktur karena bukan DNA MNC Vision. Pada saat ini, peluang terbuka berkolaborasi dengan IOH dan Asianet," jelas Ade saat dihubungi Kontan, Senin (20/11). 

Ade menegaskan transaksi ini tidak seutuhnya melepas MNC Play, hanya beberapa aset saja. MNC Vision akan tetap fokus ke bisnis video konten dan televisi protokol internet alias IPTV. 

Dia bilang nanti ke depannya, pada saat pelanggan IOH dan instruktur yang dibangun Asianet berkembang akan mendorong pelanggan IPTV dan MNC Play akan bertambah. 

"Ke depannya, kami akan melakukan kolaborasi dengan product bundling. Jadi transaksi ini tidak berhenti di jual dan beli daripada aset dan pelanggan," kata Ade. 

Baca Juga: Indosat (ISAT) Gelontorkan Rp 876,86 Miliar untuk Mengakuisisi Pelanggan MNC Play

Adapun proses migrasi pelanggan juga masih berlangsung. Transisi pelanggan MNC Play kepada Indosat telah berlangsung sejak 15 November 2023. 

Memang selain perjanjian jual beli aset, MNC Kabel Mediacom dan Indosat membuat sejumlah perjanjian kerja sama untuk mendorong pemberian layanan kepada pelanggan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×