Reporter: Nisa Dwiresya Putri | Editor: Wahyu T.Rahmawati
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Hingga Oktober 2017, PT Mitra Komunikasi Nusantara Tbk (MKNT) telah mengakuisisi empat perusahaan dan mendirikan satu anak usaha baru. Kontribusi anak usaha hasil akuisisi ini mulai dirasakan oleh perusahaan. Per September 2017, MKNT membukukan penjualan Rp 4,8 triliun.
Semester I-2016 MKNT membukukan penjualan neto sebesar Rp 516,72 miliar. Di periode sama tahun ini, penjualan neto MKNT naik 452,93% menjadi Rp 2,85 triliun.
"Di 2017 kami sudah melakukan corporate action dengan mengakuisisi anak-anak perseroan baik yang terafiliasi maupun yang tidak. Kontribusi penjualan perusahaan ini lumayan cukup signifikan," kata Direktur Utama MKNT Jefri Junaedi, Senin (16/10). Lebih lanjut Jefri menjelaskan bahwa ada tiga perusahaan yang telah diakuisisi di awal Januari 2017.
Jefri mencatat, tiga anak usaha hasil akuisisi tersebut memberikan kontribusi sekitar Rp 600 miliar-Rp 700 miliar per bulan. Satu anak usaha juga didirikan oleh MKNT di awal tahun lalu, yakni PT Permata Ibu Optima (PIO).
Saat ini PIO memang belum beroperasi. Jefri bilang ada penyesuaian internal yang sedang dirampungkan perusahaan. Targetnya, PIO bisa beroperasi di akhir tahun ini. "September lalu kami sudah mengakuisisi PT Graha Planet Nusantara, itu sama dengan tiga perusahaan sebelumnya bergerak dalam perusahaan pulsa isi ulang," tambah Jefri.
Sebagai informasi, MKNT juga akan melaksanakan rights issue dengan menerbitkan sebanyaknya 4 miliar saham bernilai nominal Rp 20 per saham. Harga penawaran saham tersebut adalah Rp 300 per saham.
Dengan kondisi keuangan saat ini, Jefri optimistis penjualan tahun 2017 bisa mencapai Rp 6,3 triliun. Sejauh ini, target penjualan tahun 2018 mencapai Rp 10 triliun-Rp 11 triliun. Setelah rights issue, MKNT optimis peningkatan penjualan di 2018 bisa di atas 50%.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News