Reporter: Akmalal Hamdhi | Editor: Herlina Kartika Dewi
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bisnis PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI) bakal didukung ekspansi pembukaan 700 toko baru di tahun ini. Aktivitas masyarakat yang kembali normal pasca covid-19 akan mendukung tingkat kunjungan.
Analis Samuel Sekuritas Pebe Peresia memaparkan, MAPI berhasil membukukan pertumbuhan pendapatan sebesar Rp 7,5 triliun pada kuartal I-2023. Capaian tersebut telah mengalahkan level pendapatan sebelum pandemi yang sebesar Rp 4,7 triliun pada kuartal I-2019.
Pendapatan MAPI bertumbuh 32,5% YoY pada kuartal I-2023 yang merupakan capaian tertinggi di antara perusahaan ritel di bawah cakupan Samuel Sekuritas Indonesia (SSI).
Pendapatan ERAA hanya tumbuh 28,9% YoY, AMRT tumbuh 14,2% YoY, LPPF terpantau catatkan pertumbuhan 12,1% YoY, ACES cetak pertumbuhan 4,7% YoY, sementara RALS justru catatkan penurunan 2,8% YoY pada kuartal I-2023.
Baca Juga: Genjot Ekspansi Bisnis, Mitra Adi Perkasa (MAPI) Kucurkan Capex Rp 2 Triliun di 2023
Sementara itu, laba bersih MAPI terpantau turun 30,6% YoY menjadi Rp 405 miliar pada kuartal I-2023. Namun jika tanpa menghitung keuntungan satu kali (one time gain) yang diperoleh dari divestasi terhadap Burger King pada tahun lalu, laba bersih MAPI melonjak sekitar 100,9%YoY dibandingkan Rp 201 miliar pada kuartal I-2022.
“Kami meyakini MAPI akan mencatatkan kinerja setahun penuh yang solid. Kinerja positif terus berlanjut pada jalur pertumbuhannya yang mengesankan,” kata Pebe kepada Kontan.co.id, Selasa (20/6).
Pebe mengatakan, bisnis Mitra Adiperkasa didukung oleh pemulihan ekonomi pasca covid-19 dan rencana ekspansi pembukaan 700 gerai baru di tahun 2023. MAPI telah mengalokasikan belanja modal alias capital expenditure (capex) jumbo sebesar Rp 2 triliun untuk menjalankan ekspansi tahun ini.
MAPI berencana membuka 700 gerai baru di tahun 2023, yang sebagian besar dialokasikan untuk pengembangan toko pada segmen Aktif. Untuk diketahui, brand pada segmen Aktif yang dikelola Mitra Adiperkasa diantaranya Sports Station dan Converse.
“Kami percaya bahwa pembukaan gerai baru akan menjadi katalis pertumbuhan utama MAPI di tahun 2023,” ungkap Pebe.
Selain itu, Pebe menyebutkan, sebanyak Rp 400 miliar dari total belanja modal MAPI akan digunakan untuk pembukaan gerai baru di luar Indonesia. Penjualan internasional MAPI berkontribusi 9,9% terhadap total pendapatan selama kuartal I-2023, termasuk penjualan di beberapa negara Asia Tenggara yakni Filipina, Vietnam, Malaysia, Singapura, Thailand, dan Kamboja.
Tingkat pertumbuhan penjualan internasional MAPI jauh lebih tinggi sebesar 48,8% YoY pada kuartal I-2023, dibandingkan penjualan domestik hanya tumbuh 30,9% YoY dalam periode yang sama.
Analis Henan Putihrai Sekuritas Priscilla Margatan memandang bahwa MAPI secara agresif memperluas bisnis ke pasar regional. Sekitar 38% atau setara Rp 700 miliar dari total belanja modal dialokasikan untuk segmen MAP Active yang diterjemahkan bakal mendirikan kurang lebih 400 toko. Dari situ, sekitar 40% dari 400 toko difokuskan untuk ekspansi regional.
Selanjutnya, 30% dari alokasi ekspansi atau setara Rp 600 miliar akan dialokasikan untuk segmen F&B dalam membuka sekitar 150 toko. Terakhir, MAPI akan membuka sekitar 20 toko Digimap tambahan.
Priscilla menyoroti Days in inventory turut membantu capaian kinerja luar biasa MAPI selama tiga bulan pertama tahun ini. Persediaan MAPI selama kuartal pertama 2023 mampu berada pada tingkat yang sama dengan tingkat pra-pandemi sebagai rasio efisiensi yang mengukur jumlah hari rata-rata perusahaan menyimpan persediaannya sebelum menjualnya.
Inventory Days MAPI turun menjadi 101 hari dan lebih rendah dari tingkat pra-pandemi 109 hari pada tahun 2019. Persediaan lama juga menurun menjadi 21% di kuartal I-2023, jika dibandingkan 23% pada tahun 2019.
Baca Juga: Simak Arah IHSG dan Rekomendasi Saham Pilihan Analis di Pekan FOMC The Fed
“Siklus persediaan yang lebih baik tersebut disebabkan analitik data yang lebih baik oleh MAPI terkait pengadaan barang,” tulis Priscilla dalam riset 9 Juni 2023.
Tingkat persediaan MAPI bahkan kemungkinan akan lebih baik lagi pada kuartal II-2023. Pasalnya, persediaan MAPI pada kuartal I-2023 yang turun tersebut masih cukup tinggi karena persediaan biasanya lebih besar untuk mengantisipasi Libur Lebaran.
Selain itu, Pebe melihat hal penting lainnya dari laporan keuangan kuartal I-2023 adalah kenyataan bahwa MAPI tidak lagi menerima diskon sewa. MAPI mulai melihat penurunan besar dalam diskon sewa di tahun 2022, dengan diskon setahun penuh turun menjadi Rp 278 miliar, jauh di bawah tahun 2021 sebesar Rp 941 miliar dan tahun 2020 sebesar Rp 912 miliar.
“Tanpa diskon sewa, MAPI bahkan berhasil mempertahankan Operating Profit Margin (OPM) pada tingkat yang memuaskan sebesar 8,9% di kuartal I-2023 dibandingkan 8,7% di kuartal I-2022,” jelas Pebe.
Samuel Sekuritas memproyeksikan MAPI akan mencetak pendapatan bertumbuh 19,9% Yoy atau setara Rp 32,30 triliun. Hal itu salah satunya mempertimbangkan Pertumbuhan rata-rata penjualan tiap toko atau Same Sales Store Growth (SSSG) MAPI termasuk tinggi di kuartal I-2023 yang bertumbuh 18,7% Yoy. Meskipun, sebagian besar naiknya data SSSG itu sebenarnya karena industri ritel pada kuartal pertama tahun lalu memang lesu, menyusul adanya covid-19 varian omicron.
Sedangkan, laba bersih MAPI diperkirakan naik 27,4% YoY menjadi Rp 2,20 triliun pada tahun ini. Proyeksi laba bersih itu tidak termasuk keuntungan satu kali dari divestasi saham Burger King di tahun lalu sebesar Rp 381,8 miliar.
Pebe merekomendasikan buy saham MAPI dengan target harga sebesar Rp 2.100 per saham. Senada, Priscilla menyarankan Buy untuk MAPI namun dengan target harga lebih tinggi sebesar Rp 2.300 per saham.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News