Close | x
kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |
  • USD/IDR14.460
  • EMAS662.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.04%
  • RD.CAMPURAN 0.21%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.04%

Minat pada SBN ritel diproyeksikan tetap ramai, pemerintah akan terbitkan ST004

Senin, 22 April 2019 / 19:23 WIB

Minat pada SBN ritel diproyeksikan tetap ramai, pemerintah akan terbitkan ST004
ILUSTRASI. Sukuk Tabungan Negara seri ST002

Berita Terkait

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Hasil penjualan surat utang ritel yang selalu mencapai target indikatif pemerintah, membuat pemerintah tetap yakin akan rutin menawarkan surat utang ritel. Hasil penjualan surat utang ritel sejak Januari hingga April cenderung turun. Tapi, analis memproyeksikan minat investor pada surat utang ritel akan selalu ada.

Senin (22/4), Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) Kementerian Keuangan menetapkan hasil penjualan Saving Bond Ritel (SBR) seri SBR006 sebesar Rp 2,26 triliun. Sebagai perbandingan, hasil penjualan SBR005 mencapai Rp 4 triliun.


Analis obligasi BNI Sekuritas Ariawan memproyeksikan, minat surat utang ritel ke depan akan tetap ada dan terus membaik, baik dari jumlah hasil penjualan dan jumlah investor baru. Selama surat utang ritel diterbitkan, Ariawan menilai instrumen investasi ini telah tepat sasaran.

Pemesanan di SBR006 mayoritas rentang pemesanan Rp 1 juta hingga 10 juta dengan rata-rata volume pemesanan yang cukup rendah di Rp 237 juta. "Pemesanan dalam jumlah rendah tersebut sangat mencerminkan investor ritel dan ini bagus untuk memperluas basis investor ritel yang makin banyak ke depannya," kata Ariawan, Senin (22/4).

Senada, Direktur Surat Utang Negara DJPPR Kemkeu Loto Srinaita Ginting mengharapkan, investor baru yang membeli Surat Berharga Negara (SBN) ritel bisa terus bertambah sehingga target perluasan investor domestik dan target indikatif penerbitan dapat tercapai.

Guna mendorong minat investor, Loto mengatakan pemerintah rutin melakukan edukasi ke daerah-daerah dan bekerja sama dengan instansi vertikal Kementerian Keuangan, Bank Indonesia, dan Otoritas Jasa Keuangan di daerah.

"Diharapkan masyarakat di seluruh Indonesia dapat mengenal SBN ritel sebagai instrumen investasi yang aman dan terjangkau sehingga pada akhirnya mereka tertarik untuk berinvestasi SBN ritel," kata Loto.

Ariawan menambahkan investor ritel masih akan tertarik pada SBN, meski ke depan tren kupon yang ditawarkan akan menurun jika suku bunga acuan juga bergerak turun. Namun, menurut Ariawan selama spread dengan suku bunga acuan dijaga dalam rentang yang menarik, minat investor pada SBN ritel masih terbuka lebar.

"Jika dibanding dengan deposito pajak SBN ritel hanya 15% dan deposito 20%, selain itu SBN ritel juga dijamin 100% oleh pemerintah sedangkan deposito hanya dijamin Rp 2 miliar oleh LPS," kata Ariawan.

Senada, Fikri C. Permana Ekonom Pefindo memproyeksikan minat investor pada SBN ritel akan tetap besar. Penyerapan dari SBN ritel Rp 2 triliun hingga Rp 3 triliun masih bisa tercapai. Namun, memang momentum jelang Ramadan menjadi pertimbangan investor untuk masuk dalam jumlah besar di SBN ritel. "Setelah Lebaran nanti minat akan kembali lagi meningkat," kata Fikri.

Untuk Mei 2019 pemerintah tetap akan menerbitkan instrumen ritel, yaitu sukuk tabungan seri ST004 dengan target indikatif yang masih sama dengan instrumen ritel non-tradable sebelumnya, yaitu Rp 2 triliun.

Menurut Loto dana untuk investasi sebaiknya adalah memang menggunakan dana idle, sehingga diharapkan investor sudah mempunyai alokasi dana tersendiri baik untuk kebutuhan Lebaran maupun alokasi untuk investasi.

Ariawan menambahkan, selama investor masih memiliki dana idle maka ia akan memanfaatkan terbitkan ST004. "Karena ST merupakan instrumen yang tidak bisa diperdagangkan maka tidak akan terpengaruh pada likuiditas pasar sekunder yang biasanya menurun jelang bulan Ramadan," kata Ariawan.

 


Reporter: Danielisa Putriadita
Editor: Wahyu Rahmawati
Video Pilihan

Tag
TERBARU
Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2019 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0004 || diagnostic_api_kanan = 0.0468 || diagnostic_web = 0.3019

Close [X]
×