kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45861,67   -2,73   -0.32%
  • EMAS1.368.000 0,59%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Metrodata (MTDL) Bagi Dividen Rp 21 Per Saham, Tertinggi Sepanjang Sejarah Perseroan


Senin, 03 Juni 2024 / 16:23 WIB
Metrodata (MTDL) Bagi Dividen Rp 21 Per Saham, Tertinggi Sepanjang Sejarah Perseroan
ILUSTRASI. PT Metrodata Electronics Tbk (MTDL)


Reporter: Amalia Nur Fitri | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Emiten teknologi informasi dan komunikasi (TIK) digital di bidang solusi, konsultasi digital serta distribusi digital, PT Metrodata Electronics Tbk (MTDL), membagikan dividen sebesar Rp 257,8 miliar. 

Aksi ini dilakukan pada Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) yang berlangsung hari ini Senin (3/6). Pembagian dividen dilakukan dengan payout ratio sebesar 39,6% dari laba bersih tahun 2023. 

Direktur MTDL Randy Kartadinata mengatakan tahun ini pihaknya memecahkan rekor dividen tertinggi sepanjang sejarah Perseroan. Setiap pemegang saham akan mendapat Rp 21 per lembar saham. 

Pada tahun 2023, Perseroan membukukan laba bersih sebesar Rp 650,8 miliar, meningkat 12,1% dari laba bersih tahun 2022 yang sebesar Rp 580,5 miliar. Perolehan laba bersih tersebut didukung pendapatan perseroan yang mencapai Rp 22,1 triliun,  naik 5,2% dibandingkan pendapatan tahun 2022 sekaligus merupakan pendapatan  tertinggi sepanjang sejarah Perseroan. 

Baca Juga: Intip Jadwal Pembagian Citra Nusantara Gemilang (CGAS) Senilai Rp 2,2 Miliar

“Proses transformasi digital yang sedang gencar dilakukan perusahaan-perusahaan di Indonesia menjadi salah satu faktor penentu keberhasilan kami membukukan pendapatan tertinggi sepanjang sejarah Perseroan.  Sudah sewajarnya, jika para pemegang saham yang telah setia bersama-sama mengembangkan bisnis MTDL turut menikmati keberhasilan ini melalui pembagian dividen,” kata Presiden Direktur MTDL, Susanto Djaja, Senin (3/6). 

Sesuai dengan karakter industri TIK yang terus berkembang dengan cepat, MTDL juga mengadakan pembaharuan dengan mengangkat dua direktur baru.  

RUPST telah mengangkat Sur Hang Aiwan dan Alexander Kuntoro, sebagai direktur baru menggantikan Agus Honggo Widodo dan Sjafril Effendi yang telah selesai masa jabatannya dan memangku Direktur MTDL sejak tahun 2000. 

Sebagai latar belakang, Sur Hang Aiwan saat ini masih menjabat sebagai Presiden Direktur PT Synnex Metrodata Indonesia dan Presiden Direktur PT My Icon Technology dan berkarir di MTDL dengan berbagai posisi sejak tahun 1996, atau lebih dari 26 tahun. Beliau meraih gelar Master of Applied Finance dari Universitas Bina Nusantara di tahun 2012 akan membawahi bisnis Distribusi di Metrodata group.

Sedangkan Alexander Kuntoro, saat ditetapkan masih menjabat sebagai Presiden Direktur PT Mitra Integrasi Informatika dan sudah berkarir di Metrodata sejak 2006, atau lebih dari 18 tahun serta meraih gelar Sarjana Komputer dari Universitas Bina Nusantara pada tahun 2006. Alexander akan membawahi bisnis Solusi di dalam grup Metrodata.

Baca Juga: Simak Jadwal Pembayaran Dividen Graha Prima Mentari (GRPM)

Susanto menambahkan, perubahan direksi MTDL ini menunjukkan profesionalisme dan agility untuk terus beradaptasi dengan kondisi terakhir di dunia usaha terkait industri IT dan telekomunikasi yang merupakan inti bisnis Metrodata. 

"Tentunya bimbingan dari Sjafril Effendi dan Agus Honggo Widodo selama lebih dari 24 tahun akan menjadi pedoman untuk kedua direktur baru dalam menjalankan amanat dari pemegang saham untuk terus meningkatkan nilai Perusahaan serta kontribusi positif kepada masyarakat Indonesia," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Pre-IPO : Explained Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM)

[X]
×