kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Metrodata beli 14,1% saham Packet System Indonesia


Selasa, 20 Juni 2017 / 17:21 WIB
Metrodata beli 14,1% saham Packet System Indonesia


Reporter: Dede Suprayitno | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

JAKARTA. Perusahaan sektor perdagangan barang dan jasa di bidang teknologi, PT Metrodata Electronics Tbk (MTDL), melakukan aksi korporasi melalui pembelian saham. Metrodata bersama dengan Logicalis Singapore Pte Ltd (Logicalis) menandatangani Sales and Purchase Agreement (SPA) dengan DMX (BVI) Limited pada 20 Juni 2017.

Dalam keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Selasa (20/6), DMX (BVI) Limited merupakan salah satu pemegang saham dari PT Packet System Indonesia (PSI) yang memiliki 60% saham PSI. Nantinya, MTDL berencana membeli 14,116% saham PSI atau sebanyak 35.290 saham dengan nilai US$ 1,76 juta.

Sementara, Logicalis berencana membeli 45,884% saham PSI atau sebanyak 114.710 saham dari DBM (BVI) Limited. Selain itu, Logicalis bersama dengan pemegang saham pendiri PSI, yakni Surya Wirawan, Lukas Darmawan Wibowo, dan Wirjanto Yuwono menandatangani SPA. Isinya, Logicalis berencana membeli 8,18% atau setara 20.440 saham dari pemegang saham pendiri PSI.

Di dalam SPA tersebut Logicalis, pemegang saham pendiri PSI dan disaksikan oleh Metrodata menyetujui dilakukannya proses merger antara PSI dengan PT Logicalis Metrodata Indonesia (LMI). LMI merupakan perusahaan joint venture antara Metrodata dengan Logicalis.

Selain itu, juga disetujui hak kepemilikan Logicalis pada perusahaan hasil merger antara LMI dengan PSI. Logicalis akan mengempit tidak kurang dari 53,5% saham perusahaan dan kepemilikan MTDL di perusahaan hasil merger tersebut, tidak kurang dari 20,5%.

"Realisasi atas seluruh SPA tersebut, baru dapat terlaksana apabila telah terpenuhinya syarat-syarat dan ketentuan yang ada di dalam SPA maupun yang ada di dalam perjanjian yang akan ditandatangani lebih lanjut," ujar Randy Kartadinata, Sekretaris Perusahaan MTDL dalam keterbukaan informasi.

Sebagai catatan, PSI merupakan perusahaan yang bergerak dibidang teknologi informasi, khususnya dibidang Broadband Network and Infrastructure System Integration. Berdasar laporan keuangan audit buku 2016, PSI membukukan pendapatan sebesar US$ 77,43 juta dengan nilai keutungan bersih setelah dikurangi pajak (net profit after tax) adalah sebesar US$ 3,04 juta.

Dengan menjadi pemegang saham perusahaan hasil merger, antara PSI dan LMI maka Metrodata akan memperkuat posisi di bidang Broadband Network and Infrastructure System Integration. Bidang ini, diharapkan bisa memberikan nilai tambah bagi kinerja emiten.

Penandatanganan SPA yang dilakukan oleh perseroan dengan DMX (BVI) Limited adalah tidak termasuk kategori transaksi material atau transaksi afiliasi ataupun transaksi benturan kepentingan sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku.


 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×