kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Merdeka Copper (MDKA) Beri Pinjaman US$ 225 Juta ke Merdeka Battery Materials


Rabu, 03 Agustus 2022 / 17:29 WIB
Merdeka Copper (MDKA) Beri Pinjaman US$ 225 Juta ke Merdeka Battery Materials
ILUSTRASI. Logo Merdeka Copper Gold. Merdeka Copper Gold (MDKA) memberi pinjaman senilai US$ 225 juta ke Merdeka Battery Materials.


Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Merdeka Copper Gold Tbk (MDKA) memberikan dana pinjaman sejumlah US$ 225 juta kepada Merdeka Battery Materials. Asal tahu, Merdeka Battery Materials merupakan perusahaan terkendali yang sahamnya dimiliki MDKA secara tidak langsung sebesar 55,26%. Sebelumnya, Merdeka Battery Materials Bernama PT Hamparan Logistik Nusantara.

Transaksi ini merupakan transaksi material karena nilai transaksi melebihi 20% namun kurang dari 50% ekuitas MDKA

Mengutip keterbukaan informasi di laman Bursa Efek Indonesia, Rabu (3/8), pinjaman ini bertujuan  agar MDKA menggantikan kedudukan pemberi pinjaman awal atas sebagai komitmen penerima pinjaman awal berdasarkan perjanjian fasilitas awal. Pinjaman ini juga bertujuan antara lain untuk mendanai modal kerja umum grup Merdeka Battery Materials.

Baca Juga: Bisnis Saratoga Investama (SRTG) Diprediksi Ciamik, Apa Rekomendasi Analis?

Terhadap komitmen yang diberikan, Merdeka Battery Materials dikenakan bunga sebesar jumlah dari tingkat suku bunga acuan majemuk  dan margin senilai 4,25% per tahun. Adapun, MDKA akan diberikan margin tambahan senilai 2,50% yang hanya akan diterapkan untuk bagian pinjaman yang diberikan oleh MDKA.

Margin ini akan diakumulasikan dan dibayarkan oleh Merdeka Battery Materials pada tanggal jatih tempo perjanjian yakni 30 September 2026 atau tanggal lain sebagaimana diatur dalam perjanjian.

Sampai saat ini, MDKA tidak akan menjadi penerima dari jaminan, pertanggungan, atau dukungan kredit lainnya yang disediakan Merdeka Battery Materials.

Manajemen MDKA berharap, dengan terlaksananya pinjaman ini, MDKA dapat memberikan dukungan pendanaan kepada Merdeka Battery Materials. Sehingga, Merdeka Battery Materials dapat menjalankan kegiatan usahanya dengan lebih optimal dan diharapkan dapat memberikan dampak positif terhadap MDKA selaku pemegang saham tidak langsung Merdeka Battery Materials.

Baca Juga: Merdeka Copper (MDKA) berencana buyback saham

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×