kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45909,31   7,91   0.88%
  • EMAS1.354.000 1,65%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Menakar Prospek Saham ANTM, INCO, dan BRMS di Tengah Potensi Resesi


Senin, 12 Desember 2022 / 15:41 WIB
Menakar Prospek Saham ANTM, INCO, dan BRMS di Tengah Potensi Resesi
Menakar Prospek Saham ANTM, INCO, dan BRMS di Tengah Potensi Resesi


Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Salah satu sentimen yang membayangi harga komoditas adalah potensi terjadinya resesi pada tahun depan. Analis Sucor Sekuritas Andreas Yordan Tarigan mengatakan, sentimen resesi akan berdampak terhadap harga emas pada 2023.

Andreas memperkirakan harga emas akan mencapai US$ 2.100 per oz di 2023. Estimasi ini meningkat sekitar 15% dari harga rata-rata emas pada tahun 2022 sebesar US$ 1.825 per ons.

Dengan asumsi bahwa Fed akan mengambil sikap dovish tahun depan, diikuti dengan penerapan kembali quantitative easing untuk melawan resesi, Andreas menilai harga emas akan diuntungkan dengan adanya skenario tersebut.

Menurut Andreas, PT Bumi Resources Minerals Tbk (BRMS) berada di posisi strategis untuk mendapatkan keuntungan dari potensi kenaikan harga emas menjelang 2023. 

Baca Juga: IHSG Menguat 0,29% ke Level 6.734 Setelah Sepanjang Hari di Zona Merah, Senin (12/12)

Sebab, anak usaha PT Bumi Resources Tbk (BUMI) ini baru saja merampungkan pabrik emas keduanya. Pabrik emas anyar ini akan menghasilkan volume penjualan yang lebih tinggi dan profitabilitas yang lebih kuat di masa mendatang. 

BRMS menjadi perusahaan pertambangan emas dengan pertumbuhan produksi tercepat dalam cakupan Sucor Sekuritas. 

Catatan saja, BRMS masih memiliki dua proyek pabrik emas lainnya. Sehingga, terdapat potensi penambahan kapasitas produksi emas BRMS pada tahun 2023 menjadi 44.444 oz (naik 677%) dan 58.489 oz (naik 32% secara tahunan/yoy) pada 2024.

Andreas mempertahankan rekomendasi beli saham BRMS dengan target harga Rp 282 per saham.

Andreas menilai, BRMS layak mendapatkan valuasi premium mengingat prospek kenaikan harga emas, ekspansi kapasitas produksi yang masif, serta produk mineral BRMS yang sangat terdiversifikasi. 

 

Baca Juga: Cek Rekomendasi Saham AKR Corporindo (AKRA) yang Punya Prospek Cerah

Analis Mirae Asset Sekuritas Indonesia Juan Oktavianus Harahap memilih saham PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) sebagai pilihan utama (top picks) di sektor tambang logam, dengan pertimbangan pendapatan ANTM yang terdiversifikasi. 

ANTM juga memiliki potensi tambahan pendapatan dari proyek smelter Halmahera dan lebih banyak memiliki eksposur ke proyek Indonesia Battery Corporation (IBC).




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×