kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Menakar prospek emiten teknologi, Global Sukses Solusi (RUNS)


Minggu, 19 September 2021 / 19:31 WIB
 Menakar prospek emiten teknologi, Global Sukses Solusi (RUNS)
ILUSTRASI. Global Sukses Solusi (RUNS) menjadi salah satu pendatang baru di bursa saham. Perusahaan ini bergerak di sektor teknologi.


Reporter: Dityasa H. Forddanta | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Global Sukses Solusi Tbk (RUNS) menjadi salah satu pendatang baru di bursa saham. Perusahaan ini bergerak di sektor teknologi.

Memberikan edukasi terkait prospek bisnis di sektor teknologi masih menjadi tantangan tersendiri. "Apakah bisa menjadi unicorn, ini pertanyaan yang paling umum dari investor," ujar praktisi sekaligus akademisi pasar modal dari Perbanas, Embun Purwanta dalam webinar yang digelar CSA Institute akhir pekan lalu, Jumat (17/9).

Menurutnya, RUNS memiliki model bisnis yang unik.  Bila startup lain harus bakar uang di awal guna menggaet pelanggan, RUNS tak perlu melakukan hal serupa. Sebab, jenis bisnis yang dilakoni RUNS bersifat pengembangan sistem yang bisa langsung mendatangkan pemasukan tanpa perluang bakar uang.

"Kalau startup lain bakar uang dulu untuk bangun ekosistem dari kebiasaan nasabah. Sementara, RUNS memberikan satu konsep yang kemudian bisa langsung jadi cash," terang Embun.

Baca Juga: RUNS Menawarkan Solusi Digital Usaha

RUNS menggeluti segmen bisnis penyedia solusi software enterprise resource planning (ERP). Belum banyak perusahaan di Indonesia yang bergerak di bisnis ini.

Komisaris Utama CSA Institute Djony Sianty menilai, prospek RUNS menarik. Sebab, perusahaan ini memiliki ekosistem perusahaan BUMN yang tengah melakukan digitalisasi bisnis. Salah satu mitra terbesarnya adalah PT Telkom Tbk.

Setiap mitra yang bekerjasama dengan Telkom secara tidak langsung menggunakan sistem digital yang dibangun RUNS. "RUNS memiliki pertumbuhannya by company," ujar Djony pada kesempatan yang sama.

Dari sisi aset, RUNS juga berbeda dengan perusahaan riil yang memiliki aset berwujud. Sebagai perusahaan informasi dan teknologi, aset RUNS diukur berdasarkan aset tak berwujud atau intangible asset.

Intangible asset sendiri dalam pengertian umum merupakan sumber daya di masa depan yang tidak berbentuk fisik tapi memiliki nilai tersendiri. Misalnya pada 2020 RUNS memiliki perputaran ekonomi mencapai Rp 13 triliun. RUNS sebagai perusahaan teknologi bisa berkembang lebih efisien karena tak perlu meningkatkan belanja modal terlalu signifikan meski skala bisnisnya berkembang pesat.

Selanjutnya: Jaga pertumbuhan bisnis, Global Sukses Solusi (RUNS) pilih jadi perusahaan terbuka

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×