kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.333.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Menakar Dampak Pembukaan Kode Broker Bagi Pasar Saham


Kamis, 16 November 2023 / 20:20 WIB
Menakar Dampak Pembukaan Kode Broker Bagi Pasar Saham
ILUSTRASI. BEI berencana membuka kode broker saat perdagangan berjalan


Reporter: Yuliana Hema | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Wacana pembukaan kode broker akan menjadi angin segar bagi perdagangan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI). Bahkan rencana ini sinyalir akan membuat transaksi lebih ramai.

Direktur Utama Kiwoom Sekuritas ChangKun Shin menjelaskan pembukaan kode broker ini akan berdampak positif bagi para anggota bursa.

"Sepertinya banyak pihak supaya transaksi nasabah bisa meningkat karena bisa balik lagi seperti semula," jelas Shin kepada Kontan, Kamis (16/11).

Shin mengatakan pembukaan kode broker akan menambah parameter analisis bagi investor pasar modal, selain aspek fundamental dan teknikal bahkan menguatkan analisa investor.

"Keputusan untuk membuka atau menutup kode broker dapat mempengaruhi transparansi dan akses informasi, yang pada gilirannya dapat mempengaruhi perilaku investor," katanya.

Shin menilai tipe investor atau jangka panjang seharusnya tidak memusingkan adanya penutupan dan kode broker tersebut, tetapi akan berpengaruh pada trader.

Baca Juga: BEI Tengah Mengkaji Pembukaan Kode Broker

Direktur Utama KGI Sekuritas Antony Kristanto menyampaikan pihaknya mendukung rencana pembukaan kode broker karena memang diharapkan oleh trader.

Namun Antony menilai pembukaan kode broker ini tidak akan berdampak signifikan karena partisipasi investor asing masih dipengaruhi oleh kebijakan The Fed.

"Kalau kondisi makro lebih kondusif dan partisipasi asing menguat, maka akan mendorong investor domestik untuk lebih aktif transaksi," tutur dia.

Pengamat Pasar Modal dari Universitas Indonesia (UI) Budi Frensidy menilai pembukaan kode broker ini diharapkan menjadi positif bagi pasar saham saat indeks terkoreksi.

Dia bilang kebijakan untuk pembukaan kode broker menjadi suatu hal yang penting bagi trader karena investor akan memperoleh lebih banyak informasi.

"Trader akan tahu broker apa atau siapa yang menguasai saham itu atau punya info banyak tentang saham tertentu," tutur Budi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×