kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.333.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Memburu Cuan dari Emiten Pembagi Dividen, Simak Hal Ini Agar Tak Terjebak


Sabtu, 08 April 2023 / 00:25 WIB
Memburu Cuan dari Emiten Pembagi Dividen, Simak Hal Ini Agar Tak Terjebak


Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: Noverius Laoli

JAKARTA. Pembagian dividen dari emiten di bursa bakal semarak di bulan ini. Sampai saat ini, tercatat ada delapan emiten yang akan membagikan dividen dengan imbal hasil (yield) lumayan menarik.

Terbaru, ada PT Astra Agro Lestari Tbk (AALI) yang akan menebar dividen tunai sebesar Rp 404 per saham. Nilai ini sudah termasuk dividen interim Rp 85 per saham yang telah dibayar pada Oktober 2022 lalu. Sehingga, nilai dividen final AALI sebesar Rp 319 per saham.

Mengutip data KSEI, emiten lainnya yang bakal bagi-bagi dividen ialah PT Bank Maybank Indonesia Tbk (BNII), PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk (SIDO), PT Matahari Department Store Tbk (LPPF), PT Bank Danamon Indonesia Tbk (BDMN), PT Wahana Ottomitra Multiartha Tbk (WOMF), PT Indo Tambangraya Megah Tbk (ITMG), dan PT Bank Woori Saudara Indonesia 1906 Tbk (SDRA).

Baca Juga: Tebar Dividen Besar, Saham Emiten Kian Bersinar

Jika mengacu pada harga saham Selasa (4/4), rata-rata emiten pembagi dividen ini menawarkan yield di atas 3%. Yield dividen terbesar berasal dari pembagian dividen ITMG, yakni 15,83% (lihat tabel). Tapi, yield dividen LPPF juga tak kalah menarik, sekitar 10,4% dengan nilai dividen Rp 525 per saham.

Saham yang menarik

Senior Investment Information Mirae Asset Sekuritas Muhammad Nafan Aji Gusta mengatakan, yield dividen yang berada di atas level 2,5% sudah cukup menarik, mengingat bunga deposito saat ini cukup beragam.

 

Kepala Riset Praus Capital Marolop Alfred Nainggolan juga sepakat, perolehan dividen dalam bentuk tunai membuat besaran suku bunga deposito menjadi acuan.

Baca Juga: Waspadai Jebakan Dividen, Perhatian Ini Agar Tetap Cuan

Saat ini, suku bunga deposito bank berada di kisaran 2%- 5,5% per tahun. Sehingga, dividen yang dibagikan kedelapan emiten ini dinilai cukup menarik.

Tapi, Alfred juga mengingatkan investor untuk mencermati risiko dividend trap atau penurunan harga saham usai tanggal ex-date.

Untuk menghindari jebakan dividen, trader yang ingin memanfaatkan momentum dividen bisa menjual saat cum date. Pembeliannya saat pengumuman dividen atau sebelum RUPS. "Periode terbaik menurut kami adalah beli saat dividen diumumkan, jual saat cum date," ujarnya. Alfred menambahkan, dividen ITMG dan LPPF paling menarik.

Baca Juga: Menanti Dividen Jumbo dari Emiten

Analis Henan Putihrai Sekuritas Priscilla Margatan merekomendasikan beli saham LPPF dengan target harga Rp 5.700. Selain menawarkan dividen menarik, LPPF berpotensi mencetak pertumbuhan solid di 2023.

Sementara Nafan merekomendasikan add sahamITMG, dengan target harga Rp 40.000, lalu Rp 41.400 dan Rp 44.000, dengan support terdekat Rp 37.950.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×