kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 2.115.000   10.000   0,48%
  • USD/IDR 16.454   4,00   0,02%
  • IDX 8.025   67,48   0,85%
  • KOMPAS100 1.124   9,97   0,90%
  • LQ45 815   8,29   1,03%
  • ISSI 276   2,50   0,91%
  • IDX30 424   4,41   1,05%
  • IDXHIDIV20 490   3,80   0,78%
  • IDX80 123   1,15   0,94%
  • IDXV30 134   1,41   1,07%
  • IDXQ30 137   0,82   0,60%

Melirik Arah Bisnis Smartfren Usai Merger dengan EXCL


Rabu, 17 September 2025 / 19:37 WIB
Diperbarui Rabu, 17 September 2025 / 23:15 WIB
Melirik Arah Bisnis Smartfren Usai Merger dengan EXCL
Manajemen Smartfren XLSMART.


Reporter: Rashif Usman | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Usai bergabung dengan PT XLSMART Telecom Sejahtera Tbk (EXCL) melalui proses merger, Smartfren menegaskan arah bisnisnya dengan sejumlah langkah strategis. 

Perusahaan fokus memperluas cakupan jaringan, meluncurkan produk unggulan Unlimited, serta memperkuat hubungan dengan pelanggan lewat kampanye brand nasional dan program loyalitas digital.

Chief Marketing Officer Smartfren XLSMART, Sukaca Purwokardjono, mengatakan perluasan jaringan dan integrasi teknologi diharapkan mampu mendorong pertumbuhan pelanggan baru sekaligus memastikan kualitas konektivitas yang lebih stabil di berbagai kota.

Baca Juga: Bagaimana Persaingan Bisnis Telekomunikasi Usai XLSmart (EXCL) Hadir?

“Kini, Smartfren sudah hadir lebih luas di seluruh wilayah Indonesia,” kata Sukaca di Jakarta, Rabu (17/9/2025).

Sejumlah daerah yang sebelumnya belum terjangkau, seperti Bengkulu, Gorontalo, Kalimantan Tengah, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Sumbawa, hingga Nusa Tenggara Timur, kini dapat menikmati layanan Smartfren.

Dalam ekspansi ini, Smartfren menawarkan produk unggulan Unlimited dengan tema Worry-Free. Produk ini menjadi favorit pelanggan karena memungkinkan internetan tanpa khawatir kuota habis. 

Selain itu, Smartfren juga menghadirkan paket Nonstop dan berbagai pilihan paket kuota. Seluruh paket aktif kini mendapat bonus gratis nelpon ke semua nomor Smartfren, XL, dan AXIS.

Baca Juga: Ramai Aksi Transaksi Saham oleh Direksi XL Axiata dan FREN Usai Merger

Untuk meningkatkan pengalaman pelanggan, Smartfren menghadirkan teknologi digital SARAH, chatbot berbasis kecerdasan buatan yang siap membantu kebutuhan pengguna. Aplikasi mySF juga terus dikembangkan dengan fitur pembayaran instan, konten digital, poin reward, dan promo eksklusif.

Saat ini XLSMART melayani lebih dari 82,6 juta pelanggan di seluruh Indonesia. Hingga akhir kuartal II-2025, jumlah BTS XLSMART mencapai lebih dari 209.000 unit, meningkat 28% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

“XLSMART terus melakukan upaya peningkatan kualitas jaringan dan pengalaman pelanggan. Fondasi infrastruktur ini menjadi kunci untuk menghadirkan layanan yang merata, berkualitas, dan berdaya saing tinggi,” jelas Sukaca.

Baca Juga: Entitas Merger EXCL-FREN Bakal Lahir 16 April, Ini Fokus XLSmart

Berdasarkan laporan keuangan per Juni 2025, EXCL mencatat pendapatan bersih Rp 19,09 triliun, tumbuh 11,98% secara tahunan dari Rp 17,05 triliun. Namun, perusahaan masih membukukan rugi periode berjalan yang dapat diatribusikan kepada entitas induk sebesar Rp 1,22 triliun.

Selanjutnya: Masih Naik Kendati Masuk UMA, Ini Prospek Saham Dwi Guna Laksana (DWGL)

Menarik Dibaca: Hujan Lebat Turun Merata, Ini Peringatan Dini BMKG Cuaca Besok (18/9) di Jabodetabek

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Business Contract Drafting GenAI Use Cases and Technology Investment | Real-World Applications in Healthcare, FMCG, Retail, and Finance

[X]
×