kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45999,68   -11,19   -1.11%
  • EMAS1.131.000 0,27%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Melesat 32%, Habco Trans Maritima (HATM) Resmi Melantai di BEI


Selasa, 26 Juli 2022 / 09:27 WIB
Melesat 32%, Habco Trans Maritima (HATM) Resmi Melantai di BEI
Pencatatan perdana saham PT Habco Trans Maritima Tbk (HATM) di Bursa Efek Indonesia (BEI), Selasa (26/7).


Reporter: Yuliana Hema | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Habco Trans Maritima Tbk (HATM) resmi melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada hari ini (26/7). Pada debut perdananya, saham HATM sempat mantul ke level tertinggi di Rp 212 per saham.

Saham HATM membuka perdagangan dengan menanjak ke level Rp 170 per saham dari harga initial public offering (IPO) sebesar Rp 160 per saham.

Melalui penawaran saham perdana alias IPO, emiten pelayaran iniĀ  berhasil meraup dana segar sebesar Rp 179 miliar. Adapun kapitalisasi pasar dari Habco Trans Maritima mencapai Rp 1,12 triliun.

Keseluruhan dana IPO dari Habco Trans Martima juga termasuk dari hasil program employee stock allocation (ESA) dan konversi utang, yang mencapai Rp 224 miliar.

Baca Juga: Habco Trans Maritima Siap IPO dengan Target Perolehan Dana Rp 350 Miliar

Direktur Utama HATM Andrew Kam mengungkapkan selama proses penawaran umum perdana saham terjadi oversubscribe sebanyak 57,26 kali.

Adapun seluruh dana dari IPO ini bakal dipakai untuk membeli armada untuk membeli satu kapal Bulk Carrier Supramax dengan 53.000 DWT-57.000 DWT. Adrew bilang hal ini seiringan dengan tingginya permintaan pasar.

"Setelah menjadi perusahaan tercatat untuk dapat mengembangkan skala operasional lebih besar lagi dengan penambahan armada bulk carrier baru serta memulai masuk ke segmen pengangkutan internasional," kata Andrew, Selasa (26/7).

Asal tahu saja, Habco Trans Martima merupakan anak usaha PT Habco Primatama yang berkecimpung di usaha pengangkutan kapal laut dari hulu ke hilir sejak 1991.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×