kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mau tahu strategi bisnis 7-Eleven di Indonesia?


Kamis, 02 Januari 2014 / 18:49 WIB
Mau tahu strategi bisnis 7-Eleven di Indonesia?


Reporter: Asnil Bambani Amri | Editor: Asnil Amri

JAKARTA. PT Modern International Tbk (MDRN) menyuntikkan modal tambahan senilai Rp 200 miliar untuk PT Modern Putra Indonesia yang menjalankan bisnis gerai 7-Eleven.

Donny Sutanto, Direktur MDRN bilang, tujuan untuk mengucurkan dana itu untuk memperkuat struktur permodalan entitas anak. "Tujuan lainnya untuk mengembangkan dan mengoperasikan gerai 7-Eleven untuk masa 20 tahun dan masa perpanjangan 10 tahun," jelasnya dalam keterbukaan informasi yang ada di Bursa Efek Indonesia (BEI), Kamis (2/1).

Donny bilang, sampai akhir tahun 2013, diperkirakan penjualan dari bisnis 7-Eleven mampu memberikan kontribusi 65% dari total penjualan konsolidasi perseroan. Saat ini, jumlah gerai 7-Eleven terus bertambah tiap tahunnya.

Dari jumlah 57 gerai di tahun 2011, kemudian bertambah menjadi 117 gerai di tahun 2012. Sampai November 2013, jumlah gerai 7-Eleven naik menjadi 143 gerai. Penambahan gerai ini belum usai, karena perusahaan menargetkan untuk menambah gerai lagi hingga 20 tahun ke depan.

Berikut strategi MDRN untuk menambah gerai 7-Eleven sampai 20 tahun ke depan;

Pertama, mengembangkan format gerai baru untuk gerai yang telah beroperasi dengan cara mengiplementasikan program-program baru dari makanan dan minuman segar.  Diantara yang akan dilakukan adalah; meluncurkan fresh noodle, penambahan produk ayam goreng, dan penambahan menu lainnya. Selain itu meluncurkan menu premium yang kini sedang dijajaki.

Kedua, memperkenalkan layanan-layanan yang bisa menambah kenyamanan konsumen, termasuk' layanan digital kios, seperti pembelian tiket konser, pembayaran kartu telepon, tiket kereta api listrik serta pembayaran lainnya. Kemudian juga membuka layanan kerjasama dengan GOJEK, untuk melayani sistem delivery order. Ini juga jadi kesatuan dengan layanan CSR perseroan untuk memberdayakan tukang ojek. Kemudian layanan pemesanan taksi yang sudah dikerjasamakan dengan Blue Bird.

Ketiga, ekspansi dengan membuka gerai baru dengan format gerai lebih kecil yang membidik areal baru, termasuk di lokasi stasiun kereta api, apartemen dan mall atau pusat perbelanjaan.

Keempat, melakukan kerjasama dengan JV dengan Warabeya Nichiko Co Ltd Japan dalam pengembangan keahlian untuk mengembangkan menu makanan segar, penambahan variasi, peningkatan kualitas dan memperbaiki kemasan.

Kelima, fokus membangun fasilitas infrastruktur gudang dan pabrik makanan yang menunjang keberadaan dan pengembangan gerai 7-Eleven. 

Keenam, mengembangkan training center dan fasilitas lainnya yang mendukung rekrut karyawan serta dan pelatihan karyawan secara berkala.

Ketujuh, melakukan pemasaran yang intensif melalui berbagai kegiatan promosi untuk meningkatkan jumlah gerai 7-Eleven di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×