kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.308.000 -0,76%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

MARKETS GLOBAL - Indeks Saham Global Turun Tipis, Menanti Data Ekonomi AS


Selasa, 27 Februari 2024 / 05:36 WIB
MARKETS GLOBAL - Indeks Saham Global Turun Tipis, Menanti Data Ekonomi AS
ILUSTRASI. GLOBAL MARKETS - Indeks Saham Global Turun Tipis, Menanti Data Ekonomi AS. REUTERS/Brendan McDermid


Sumber: Reuters | Editor: Hasbi Maulana

KONTAN.CO.ID - Feb 26 (Reuters) - Indeks saham global sedikit melemah pada hari Senin setelah mencapai rekor tertinggi minggu lalu, karena investor mengambil jeda menjelang rilis data ekonomi AS berikutnya. Sementara itu, harga minyak naik karena kekhawatiran gangguan pengiriman.

Indeks obligasi pemerintah AS (Treasury) naik setelah lelang, sementara dolar AS sedikit melemah terhadap sekeranjang mata uang termasuk euro, meskipun sedikit menguat terhadap yen.

Penjualan rumah keluarga baru AS pada bulan Januari naik lebih rendah dari yang diperkirakan di tengah penurunan tajam di wilayah Selatan, tetapi permintaan untuk konstruksi baru tetap didukung oleh kekurangan rumah yang dimiliki sebelumnya. Selain itu, data manufaktur Dallas Federal Reserve positif.

"Ketahanan ekonomi terlihat jelas di sini. Artinya, mungkin suku bunga akan sedikit lebih tinggi untuk waktu yang lebih lama," kata Matt Stucky, kepala manajer portofolio untuk ekuitas di Northwestern Mutual Wealth Management.

Investor sedang menunggu data pesanan barang tahan lama AS yang akan dirilis pada hari Selasa dan data inflasi favorit Federal Reserve AS - indeks harga pengeluaran konsumsi pribadi (PCE) inti - yang akan dirilis pada hari Kamis.

Baca Juga: Simak Rekomendasi Saham Pilihan Analis untuk Perdagangan Selasa (27/2)

"Indeks harga inflasi PCE diperkirakan akan menunjukkan sedikit lebih banyak inflasi, sejalan dengan angka yang kita lihat dengan CPI dan PPI, sehingga pasar bersiap untuk itu," kata Peter Cardillo, kepala ekonom pasar di Spartan Capital Securities, mengacu pada pembacaan indeks harga konsumen dan indeks harga produsen.

Data tersebut akan menjadi ujian selanjutnya bagi investor, yang harus memikirkan kembali taruhan mereka pada penurunan suku bunga bank sentral dalam beberapa pekan terakhir, terkejut dengan pertumbuhan pekerjaan dan inflasi AS yang kuat.

Investor juga mengamati risiko penutupan badan pemerintah AS jika Kongres tidak dapat menyepakati perpanjangan pinjaman pada hari Jumat.

Pada hari Senin, Indeks Dow Jones Industrial Average (.DJI) turun 62,30 poin, atau 0,16%, menjadi 39.069,23, sementara S&P 500 (.SPX) turun 19,27 poin, atau 0,38%, menjadi 5.069,53 dan Nasdaq Composite (.IXIC) turun 20,57 poin, atau 0,13%, menjadi ditutup pada 15.976,25.

Pasar saham AS telah naik ke rekor tertinggi minggu lalu dengan bantuan pembaruan keuangan bullish dari pelopor AI Nvidia (NVDA.O).

Indeks MSCI untuk saham di seluruh dunia (.MIWD00000PUS) turun 1,97 poin, atau 0,26%, menjadi 759,21. Indeks STOXX 600 (.STOXX) ditutup turun 0,37%.

Baca Juga: BURSA SAHAM AS - Wall Street Ditutup Lesu, Investor Menatap Data Ekonomi

Lelang Utang

Saham terkait komoditas menekan indeks Eropa pada hari Senin setelah STOXX 600 mencapai rekor tertinggi minggu lalu karena komentar dari pembuat kebijakan ECB telah mendorong optimisme atas penurunan suku bunga pada hari Jumat.

Indeks Nikkei Jepang (N225) melonjak ke rekor tertinggi untuk sesi perdagangan kedua berturut-turut, didukung oleh kinerja positif di sektor farmasi, meskipun aksi ambil untung membatasi momentum. Nikkei ditutup naik 135,03 poin, atau 0,35%, menjadi 39.233,71.

Namun, indeks MSCI untuk saham Asia-Pasifik terluas di luar Jepang (.MIAPJ00000PUS) ditutup 0,43% lebih rendah 0,43%, di 526,50.

Imbal hasil Treasury AS naik pada hari Senin karena investor mencari premi yang lebih tinggi untuk mengambil alih utang kupon pemerintah senilai $127 miliar dalam dua lelang yang menunjukkan permintaan sedikit lemah menjelang data inflasi utama akhir pekan ini.

Baca Juga: Kemarin Merah, Cek Arah IHSG dan Rekomendasi Saham Pilihan Analis Hari Ini (27/2)

Harga Minyak Naik

Harga minyak naik pada hari Senin karena permintaan solar Eropa, yang dibatasi oleh sanksi Rusia dan gangguan pengiriman, mendorong harga lebih tinggi di pasar yang gelisah dengan output kilang AS yang dibatasi oleh perombakan yang direncanakan, kata analis.

Minyak mentah AS (CLc1) menetap naik 1,43% menjadi $77,58 per barel dan Brent (LCOc1) berakhir pada $82,53 per barel, naik 1,11%.

By Sinéad Carew and Yoruk Bahceli

(Reporting by Sinéad Carew, Yoruk Bahceli and Wayne ColeEditing by Ed Osmond, Alison Williams and Matthew Lewis)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×