Reporter: Dede Suprayitno | Editor: Yudho Winarto
JAKARTA. Perusahaan ritel, PT Mitra Adi Perkasa Tbk (MAPI) menganggarkan belanja modal (capital expenditure) tahun ini sebesar Rp 750 miliar. Capex tersebut bersumber dari kas internal. Sebagian besar capex tersebut digunakan untuk ekspansi toko-toko baru.
Rencananya, tahun ini MAPI ingin menambah luas toko sebanyak 70.000 sqm (meter persegi) atau setara sekitar 200 toko. Di antaranya terbagi menjadi 20 ribu m2 untuk perluasan departemen store, 40 ribu m2 untuk menambah specialty stores, dan 10 ribu m2 untuk menambah gerai food and beverage.
"Kami targetkan SSSG (same store sales growth) tahun ini naik menjadi 5% dari tahun sebelumnya sebesar 3%," ujar Fetty Kwartati, Head of Corporate Communication MAPI, saat public expose di Jakarta, Selasa (23/5).
Sebaran gerai tersebut, di antaranya 50% berada di dalam Jakarta. Sedangkan 50% lainnya berada di luar Jakarta, termasuk di antaranya gerai Zara di Vietnam.
Sementara itu, dengan rencana ekspansi tersebut, MAPI membidik pertumbuhan penjualan 2017 sebesar 13%-14%. "Prediksi kami, semester 1 akan memberikan kontribusi 50% dari total target pendapatan tahunan kami. Karena Lebaran jatuh di semester 1," ujarnya.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News