kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45958,95   2,34   0.24%
  • EMAS1.028.000 1,08%
  • RD.SAHAM -0.04%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Mandek di Pasar Reguler, Saham GoTo Gojek Tokopedia (GOTO) Ramai di Pasar Negosiasi


Minggu, 04 Desember 2022 / 16:51 WIB
 Mandek di Pasar Reguler, Saham GoTo Gojek Tokopedia (GOTO) Ramai di Pasar Negosiasi
ILUSTRASI. Saham GoTo Gojek Tokopedia terus melemah


Reporter: Yuliana Hema | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Saham PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) tak berkutik di pasar reguler selama perdagangan Jumat (2/12). Namun, saham GOTO ramai ditransaksikan di pasar negosiasi.

Untuk mengingatkan, GOTO menutup perdagangan, Jumat (2/12), dengan anjlok 6,38% ke posisi Rp 132 oer saham. Selama lima hari berturut-turut saham teknologi ini tersungkur hingga menyentuh batas auto rejection bawah (ARB).

Merosotnya GOTO ini seiringan dengan adanya transaksi jumbo di pasar negosiasi. Tercatat, ada transaksi crossing GOTO di bawah harga reguler.

Ada transaksi penjualan 8,24 miliar saham GOTO lewat jasa Mandiri Sekuritas di harga Rp 101 per saham. Dus, nilai total transaksinya mencapai Rp 831,89 miliar.

Baca Juga: IHSG Terseret ARB GOTO, Intip Saham Top Losers dan Top Gainers Sepekan

Direktur Perdagangan dan Pengaturan Anggota Bursa Efek Indonesia Irvan Susandy menuturkan, ramainya transaksi GOTO di pasar negosiasi bukan karena diskon biaya transaksi bursa.

“Ada syarat-syarat tertentu untuk pemberian diskon transaksi di pasar negosiasi sebagaimana dalam surat edaran yang telah dikeluarkan,” kata Irvan, Jumat (2/12).

Ivran bilang pengajuan permohonan diskon biaya transaksi tidak bisa dilakukan oleh investor, yang bisa mengajukan adalah anggota bursa atau pihak sekuritas.

Sementara, Direktur Penilaian Perusahaan Bursa Efek Indonesia, I Gede Nyoman Yetna mengakui  dampak atas penurunan saham GOTO terhadap penurunan IHSG.  

 

 

Jika disimulasikan, per tanggal 28 November, bobot GOTO pada IHSG adalah 4,89%. Apabila saham teknologi ini turun 7% maka akan menggerus IHSG sebesar 0,34%.

“Apabila GOTO turun 7% dalam 1 hari perdagangan, maka efek terhadap penurunan IHSG dalam satu hari perdagangan Bursa sebesar 4,89% x minus 7% = minus 0,34%,” papar Nyoman.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×