kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45714,31   4,95   0.70%
  • EMAS913.000 0,55%
  • RD.SAHAM 0.53%
  • RD.CAMPURAN -0.19%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.21%

Indosat laporkan perubahan perjanjian pinjaman dengan anak usahanya


Senin, 30 Maret 2020 / 21:31 WIB
Indosat laporkan perubahan perjanjian pinjaman dengan anak usahanya
ILUSTRASI. Kantor pusat Indosat Ooredoo.

Reporter: Nur Qolbi | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Indosat Tbk (ISAT) melakukan perubahan ketiga atas perjanjian pinjaman subordinasi pada tanggal 27 Maret 2020 antara Indosat dan anak perusahaan.

Perjanjian pinjaman subordinasi Indosat dari sejumlah anak perusahaannya ini dilakukan sejak tahun 2018 dengan nilai maksimum secara agregat Rp 1 triliun.  Suku bunga yang digunakan dalam pinjaman ini adalah Jakarta Interbank Offered Rate (JIBOR) ditambah dengan margin sebesar 2,25%.

Anak perusahaan ISAT yang menjadi pemberi pinjaman adalah PT Aplikanusa Lintasarta (Lintasarta), PT Portal Bursa Digital (PBD), PT Starone Mitra Telekomunikasi (SMT), PT Indosat Mega Media (IM2), Indosat Singapore Pte. Ltd. (ISPL), dan PT Lintas Media Danawa (LMD).

Baca Juga: Simak rekomendasi teknikal saham ISAT, TLKM, dan EXCL untuk hari ini

Berdasarkan keterbukaan informasi ISAT, Senin (30/3), enam anak usaha ini akan menghitung saldo kas lebih yang akan menjadi nilai yang digunakan dalam perjanjian pinjaman subordinasi. Saldo kas lebih adalah selisih antara saldo kas aktual dan saldo minimum kas. Jumlah saldo minimum kas menggunakan rata-rata beban operasi bulanan selama tiga bulan terakhir. 

Pinjaman subordinasi ini merupakan bentuk pengoptimalan kelebihan kas yang ada pada anak usaha ISAT. Langkah ini juga diambil untuk menyediakan likuiditas internal dengan biaya yang wajar.

Baca Juga: Dua karyawan Indosat Ooredoo (ISAT) positif terinfeksi virus corona

Menurut manajemen ISAT, transaksi afiliasi ini dapat menghasilkan manajemen modal kerja yang lebih baik. Selain itu, lewat pinjaman ini, manajemen ISAT dapat meningkatkan pengawasan terpusat atas kelebihan kas anak usaha serta mengurangi risiko jika kas tersebut tidak digunakan secara optimal. Perjanjian ini juga dinilai dapat menjadi pelengkap untuk aliran cash agar mendapatkan nilai tambah finansial.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.

Tag

TERBARU

[X]
×