kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45938,92   3,58   0.38%
  • EMAS1.321.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

M Cash Integrasi (MCAS) Tutup Bisnis Sewa Baterai Listrik


Sabtu, 16 Desember 2023 / 18:29 WIB
M Cash Integrasi (MCAS) Tutup Bisnis Sewa Baterai Listrik
ILUSTRASI. Group Head of Investor Relations M Cash Integrasi (MCAS) Zefanya Angeline Halim dan Head of Investor MCAS Stanley Tjandra dalam paparan publik virtual, Rabu (13/7).


Reporter: Avanty Nurdiana | Editor: Avanty Nurdiana

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT M Cash Integrasi Tbk (MCAS) membubarkan anak usaha di bidang sewa baterai listrik, PT Sewa Baterai Listrik. Manajemen M Cash menjelaskan, pembubaran anak usaha tersebut harus dilakukan lantaran, anak usaha perusahaan ini sudah berstatus tidak aktif. 

Perusahaan yang bergerak di bidang distribusi produk digital dan e-commerce ini menjelaskan kepemilikan saham di Sewa Baterai Listrik sebanyak 45%. "Pembubaran anak usaha berdasarkan keputusan sirkuler dari rapat umum pemegang saham PT Sewa Baterai Listrik tertanggal 13 Desember 2023," jelas Rachel Stephanie M Siagian, Direktur & Corporate Secretary M Cash Integrasi dalam keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia. 

Namun hingga September 2023, kontribusi pendapatan MCAS dari Sewa Baterai Listrik belum ada. Di periode tersebut, MCAS membukukan pendapatan sebesar Rp 9,26 triliun, meningkat 1,2% dari periode sama tahun 2022 sebesar Rp 9,15 triliun. 

Baca Juga: M Cash Integrasi (MCAS) Beri Penjelasan ke BEI Soal Volatilitas Transaksi

Pendapatan tersebut berasal dari pendapatan agregator produk digital sebesar Rp 7,22 triliun serta pendapatan produk dan jasa digital sebesar Rp 1,65 triliun. MCAS juga menuai pendapatan dari segmen bisnis iklan berbasis cloud digital senilai Rp 167,18 miliar serta pendapatan produk dan layanan energi bersih sebesar Rp 114,87 miliar.

MCAS juga mendapat dari penjualan software as a service senilai Rp 50,83 miliar, penjualan grosir digital Rp 48,14 miliar dan terakhir dari konten dan hiburan yang menyumbang pendapatan sebesar Rp 898,79 juta.

Meski pendapatan tumbuh, laba bersih MCAS justru anjlok cukup dalam. Di sembilan bulan di 2023, laba bersih MCAS hanya sebesar Rp 16,24 miliar, menurun 45,54% secara tahunan. 

Rachel menjelaskan, pembubaran anak usaha perusahaan yang berada di Jakarta Selatan ini tidak memiliki dampak signifikan terhadap kondisi bisnis perusahaan. Berdasarkan laporan keuangan MCAS, Sewa Baterai Listrik baru berusia delapan bulan karena baru didirikan pada 5 April 2023. Saat mendirikan anak usaha ini, modal ditempatkan dan disetor penuh sebesar Rp 10 miliar. 

Baca Juga: Volta, MCASH Group, Hadirkan Motor Listrik Mandala dengan Warna Elegan

Sewa Baterai Listrik direncanakan bergerak di bidang penyewaan dan sewa guna usaha tanpa hak opsi mesin dan peralatan industri kreatif lainnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×