kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45863,29   1,62   0.19%
  • EMAS1.361.000 -0,51%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Lebih dari 25 Emiten Cum Dividen Jelang Akhir Juni, Cek Rekomendasi Sahamnya


Selasa, 18 Juni 2024 / 20:19 WIB
Lebih dari 25 Emiten Cum Dividen Jelang Akhir Juni, Cek Rekomendasi Sahamnya
ILUSTRASI. Pialang memantau pergerakan perdagangan saham di Jakarta, Senin (3/6/2024). Lebih dari 25 Emiten Cum Dividen Jelang Akhir Juni, Cek Rekomendasi Sahamnya.


Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menjelang akhir semester pertama 2024, para investor masih bisa memburu saham emiten yang akan mengguyur dividen. Lebih dari 25 emiten akan mencapai cumulative date (cum date) dalam dua pekan ke depan.

Pada musim dividen kali ini, mayoritas berasal dari emiten skala menengah-kecil. Meski begitu, bukan berarti dividen yang ditawarkan tidak menarik. Ada sederet saham yang menurut analis masih layak dilirik.

Dalam waktu dekat, setidaknya ada 18 emiten yang akan mencapai cum date di pasar reguler dan pasar negosiasi pada pekan ini. Mulai dari Rabu (19/6), ada PT Ace Hardware Indonesia Tbk (ACES) yang akan membagi dividen Rp 33,5 per saham dan PT Pinago Utama Tbk (PNGO) dengan nilai dividen Rp 52 per saham.

Pada tanggal yang sama, PT KMI Wire and Cable Tbk (KBLI) cum date dengan dividen Rp 8 per saham, PT Kencana Energi Lestari Tbk (KEEN) dengan dividen Rp 7,55 per saham, PT Indonesia Fibreboard Industry Tbk (IFII) dividen Rp 5 per saham, PT Jayamas Medica Industri Tbk (OMED) dividen Rp 2,88 per saham, dan PT Toba Surimi Industries Tbk (CRAB) dengan dividen Rp 2 per saham.

Baca Juga: IHSG Menguji Level Psikologis 6.700, Cek Rekomendasi Saham Untuk Rabu (19/6)

Berlanjut ke perdagangan Kamis (20/6), emiten yang akan mencapai cum dividen ada PT Indonesia Kendaraan Terminal Tbk (IPCC) dengan nilai Rp 62,39 per saham dan PT Kabelindo Murni Tbk (KBLM) yang akan membayar dividen Rp 8 per saham.

Kemudian pada Jum'at (21/6), PT Indo Kordsa Tbk (BRAM) akan cum date dengan alokasi dividen sebesar Rp 200 per saham. Lalu ada PT Supreme Cable Manufacturing & Commerce Tbk (SCCO) dengan dividen Rp 75 per saham, PT Darya-Varia Laboratoria Tbk (DVLA) dengan dividen Rp 65 per saham. 

Selain itu, beberapa emiten yang akan cum date dividen di tanggal yang sama adalah PT Kedoya Adyaraya Tbk (RSGK), PT Tera Data Indonusa Tbk (AXIO), PT Sillo Maritime Perdana Tbk (SHIP), PT Jasuindo Tiga Perkasa Tbk (JTPE), dan PT Zyrexindo Mandiri Buana Tbk (ZYRX).

Sedangkan emiten yang sudah menjadwalkan cum date pada pekan terakhir bulan Juni di antaranya ada PT Multi Bintang Indonesia Tbk (MLBI) yang akan mengguyur dividen Rp 506 per saham, PT Indospring Tbk (INDS) dengan dividen Rp 100 per saham, PT Mayora Indah Tbk (MYOR) dengan nilai dividen Rp 55 per saham.

Baca Juga: IHSG Melemah 2,36% Dalam Sepekan, Begini Proyeksinya untuk Pekan Depan

Emiten lainnya antara lain PT Tunas Baru Lampung Tbk (TBLA), PT Jasa Armada Indonesia Tbk (IPCM), PT Sinar Eka Selaras Tbk (ERAL), PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTK), PT Surya Citra Media Tbk (SCMA), PT Metropolitan Land Tbk (MTLA) dan PT Primadaya Plastisindo Tbk (PDPP).

Di samping pembagian dividen tunai, ada juga yang akan membagikan saham bonus, yakni PT Utama Radar Cahaya Tbk (RCCC) dengan rasio 20:1 atau setiap 20 lembar saham berhak mendapatkan 1 dividen saham. Cum dividen akan terjadi pada 20 Juni 2024.

Kemudian ada PT Barito Pacific Tbk (BRPT) yang akan membagikan saham bonus dengan rasio 625:1. BRPT juga akan membagikan dividen tunai, namun dengan nilai yang relatif mini. Recording date untuk dividen tunai dan saham bonus berlangsung pada 28 Juni 2024.




TERBARU
Kontan Academy
Pre-IPO : Explained Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM)

[X]
×