kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,75   -27,98   -3.02%
  • EMAS1.327.000 1,30%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jelang Musim Dividen, Simak Trading Plan dan Rekomendasi Saham dari Ajaib Sekuritas


Senin, 18 Maret 2024 / 09:13 WIB
Jelang Musim Dividen, Simak Trading Plan dan Rekomendasi Saham dari Ajaib Sekuritas
ILUSTRASI. Gelombang pertama musim pembagian dividen datang dari saham emiten bank berkapitalisasi pasar jumbo ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/rwa.


Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Penyelenggaraan sejumlah Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) menjelang musim pembagian dividen menjadi katalis penting yang menggerakkan pasar dalam beberapa waktu terakhir. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bahkan sempat mnembus level tertinggi (all time high) pada pekan lalu.

Gelombang pertama musim pembagian dividen datang dari saham emiten bank berkapitalisasi pasar jumbo (big caps). 

Financial Expert Ajaib Sekuritas, Ratih Mustikoningsih mengamati Dividend Payout Ratio (DPR) Big Banks dari laba tahun buku 2023 telah sesuai ekspektasi. 

Big banks, seperti PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI), PT Bank Central Asia Tbk (BBCA), PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI) dan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BBNI) kompak memberikan DPR yang lebih besar dibandingkan tahun buku 2022.

"Optimisme tersebut seiring dengan lonjakan kinerja perbankan, dimana laba bersih mencatatkan rekor tertinggi," ungkap Ratih saat dihubungi Kontan.co.id, Jumat (15/3).

Setelah dividen dari emiten bank, pelaku pasar bisa mencermati indeks saham IDX High Dividend 20. Jika melihat dari konstituennya, indeks IDX High Dividend 20 memiliki historis pembayaran dividen tunai dalam tiga tahun beruntun. Selain itu, transaksi terhadap saham tersebut juga likuid.

Baca Juga: Musim Pembayaran Dividen Tiba, Inilah Saham Yield Dividen Tinggi yang Perlu Diamati

Mengacu ketentuan Bursa Efek Indonesia (BEI) sebagai kriteria indeks tersebut, transaksi harian dalam 3 bulan, 6 bulan dan 12 bulan terakhir di atas Rp 1 miliar per hari. 

"Jadi, selain memiliki historis pembayaran dividen, likuiditas dalam transaksi juga diperhatikan. Oleh karena, itu investor bisa menggunakan indeks IDX High Dividend 20 untuk mencari saham potensial di musim pembagian dividen," terang Ratih.

Selain sektor perbankan, Ratih menilai investor juga dapat mencermati sektor energi dalam konstituen IDX High Dividend 20. Secara historis, saham sektor energi, khususnya batubara yang memberikan DPR dan yield menarik. Seperti PT Bukit Asam Tbk (PTBA), PT Adaro Energy Indonesia Tbk (ADRO) dan PT Indo Tambangraya Megah Tbk (ITMG).

Secara historis dalam dua tahun terakhir PTBA memberikan DPR sebesar 100%, sedangkan ADRO dan ITMG dalam dua tahun terakhir membagikan DPR dengan rata-rata sebesar 56,5% dan 66,7%.

Hanya saja, Ratih memberikan catatan bahwa meskipun umumnya konstituen IDX High Dividend 20 menarik diperhatikan saat musim dividen, tapi  bukan berarti saham lain tidak menarik. Ratih menyoroti sejumlah saham di luar indeks tersebut dengan membagikan dividen dengan DPR dan yield atraktif.

Contohnya seperti PT Bank CIMB Niaga Tbk (BNGA) dan PT Bank Mega Tbk (MEGA) yang secara historis dalam tiga tahun terakhir membagikan DPR di atas 50%. Sektor non-primer (ritel dan automotif), PT Ace Hardware Indonesia Tbk (ACES) dan PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk (MPMX) juga rutin membagikan dividen dalam tiga tahun terakhir dengan DPR di atas 50%.

Baca Juga: Simak Rekomendasi Saham ASSA, MYOR, IMAS dan MPXL untuk Perdagangan Pekan Ini

Menjelang musim pembagian dividen, berikut trading plan dan rekomendasi teknikal sejumlah saham yang menarik dicermati:

1. PT Bukit Asam Tbk (PTBA)

Rekomendasi: Buy di area harga Rp 2.870 dengan target harga pada resistance di level Rp 3.080. Pertimbangkan support di level Rp 2.680.

2. PT United Tractors Tbk (UNTR)

Rekomendasi: Buy pada area harga Rp 24.450 dengan target harga pada resistance di level Rp 26.000. Pertimbangkan support di level Rp 23.300.

3. PT Bank CIMB Niaga Tbk (BNGA)

Rekomendasi: Buy pada area harga Rp 2.000 dengan target harga pada resistance di level Rp 2.120. Pertimbangkan support di level Rp 1.920.

4. PT Ace Hardware Indonesia Tbk (ACES)

Rekomendasi: Buy pada area harga Rp 830 dengan target harga pada resistance di level Rp 900. Pertimbangkan support di level Rp 790.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×