kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Lakukan Tranfsormasi Digital, Simak Rekomendasi Saham BTPN Syariah (BTPS)


Rabu, 29 Desember 2021 / 07:45 WIB
Lakukan Tranfsormasi Digital, Simak Rekomendasi Saham BTPN Syariah (BTPS)


Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Prospek saham PT Bank BTPN Syariah Tbk (BTPS) diyakini masih cerah, salah satunya disokong oleh rencana transformasi digital emiten perbankan syariah ini.

Analis Ciptadana Sekuritas Asia, Erni Marselia Siahaan menyebut, BTPS akan meluncurkan aplikasi mobile banking pada paruh pertama 2022, yang mana soft launching-nya akan digelar pada  Desember tahun ini. Kehadiran mobile banking ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan dasar mobile/internet banking nasabah, baik individu maupun deposan institusi.

Erni menyebut, kehadiran mobile banking ini tidak terlepas dari melonjaknya permintaan tabungan dari nasabah. Permintaan tabungan melesat sebesar 34% secara year-on-year (YoY) dan naik 16% secara quarter-on-quarter (QoQ) menjadi Rp 2,6 triliun per kuartal ketiga 2021

“Kami menilai ini merupakan strategi yang baik karena akan melengkapi layanan pendanaan BTPS dan membuka peluang untuk lebih banyak Current Account Saving Account (CASA) di masa depan,” terang Erni.

Baca Juga: Analis Rekomendasikan Beli Saham Pakuwon Jati (PWON), Simak Ulasannya

Analis Pilarmas Investindo Sekuritas Okie Setya Ardiastama menilai, melihat transformasi digital ini dapat berdampak positif bagi kinerja BTPS ke depan. Berdasarkan data lima tahun terakhir, BTPS mencatatkan pertumbuhan pembiayaan secara tingkat pertumbuhan tahunan majemuk atau compounded annual growth rate (CAGR) sebesar 17,43%.

Sedangkan pendapatan operasional bersih secara CAGR sebesar 1,.02%. Okie melihat pertumbuhan tersebut masih dapat terjaga di level positif di tahun depan. “Hal ini mengingat pemulihan ekonomi dapat berdampak pada membaiknya kinerja sektor dan akan membantu perbankan dalam perbaikan kualitas aset,” terang Okie kepada Kontan.co.id, Selasa (28/12).

Erni mengatakan, BTPS juga memperbarui rencana PT BTPN Syariah Ventura, anak perusahaan baru, yang bertujuan untuk mengamankan peluang kebutuhan ekosistem digital dalam berbagai layanan perbankan. Anak perusahaan non-bank itu akan menambah fleksibilitas bagi BTPS dibandingkan hanya bermitra dengan startup dan mitra logistik.

Analis RHB Sekuritas Andrey Wijaya menyebut, platform digital mutakhir yang dicanangkan BTPS akan memudahkan agen BTPS dalam mengamankan nasabah baru yang belum tersentuh. Kehadiran aplikasi digital ini pun akan membawa pengaruh yang positif terhadap BTPS. 

“Karena akan mempermudah untuk penetrasi market baru, terutama micro loan atau nasabah mikro,” terang Andrey kepada Kontan.co.id, Selasa (28/12).

Baca Juga: Bakal Dapat PMN, Samuel Sekuritas Rekomendasikan Beli Saham WSKT

Selain itu, relaksasi pembatasan aktivitas masyarakat memungkinkan BTPS untuk menjajaki pangsa pasar baru. Per akhir September, BTPS melayani 6 juta nasabah dengan sebanyak 4 juta nasabah yang aktif. Angka ini mencakup 236.000 komunitas. Hal ini menjadikan BTPS sebagai salah satu bank dengan basis nasabah mikro terbesar di Indonesia.

Per Sembilan bulan pertama 2021, BTPS membukukan kinerja yang solid. Laba bersih per akhir kuartal III-2021 melonjak 116% yoy menjadi Rp 1,1 triliun. Realisasi ini sejalan dengan proyeksi RHB Sekuritas, dimana mencerminkan 77% dari proyeksi.

Sementara pada periode kuartal III-2021, BTPS mengempit laba bersih sebesar Rp 326 miliar, menurun 17,5% secara kuartalan namun melesat 226% secara tahunan.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×