CLOSE [X]
kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.466.000   -11.000   -0,74%
  • USD/IDR 15.860   -72,00   -0,46%
  • IDX 7.215   -94,11   -1,29%
  • KOMPAS100 1.103   -14,64   -1,31%
  • LQ45 876   -10,76   -1,21%
  • ISSI 218   -3,03   -1,37%
  • IDX30 448   -5,87   -1,29%
  • IDXHIDIV20 540   -6,91   -1,26%
  • IDX80 126   -1,77   -1,38%
  • IDXV30 135   -1,94   -1,41%
  • IDXQ30 149   -1,85   -1,22%

Laba Wulandari Bangun Laksana (BSBK) Melonjak 226% di Kuartal III 2024, Ini Sebabnya


Selasa, 15 Oktober 2024 / 10:43 WIB
Laba Wulandari Bangun Laksana (BSBK) Melonjak 226% di Kuartal III 2024, Ini Sebabnya
ILUSTRASI. PT Wulandari Bangun Laksana Tbk (BSBK) mengantongi kenaikan laba hingga triple digit pada kuartal III 2024.


Reporter: Pulina Nityakanti | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Wulandari Bangun Laksana Tbk (BSBK) mengantongi kenaikan laba hingga triple digit pada kuartal III 2024.

Melansir laporan keuangan, laba neto tahun berjalan BSBK mencapai Rp 62,1 miliar per 30 September 2024 atau melonjak 226% bila dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar Rp 19 miliar.

Penjualan dan pendapatan usaha BSBK hingga periode sembilan bulan pertama tahun ini naik 12% menjadi Rp 263,42 miliar, dari periode yang sama tahun lalu yang sebesar Rp 234,75 miliar.

Secara rinci, penjualan kondotel dan apartemen menurun jadi Rp 13,93 miliar per 30 September 2024, turun dari posisi yang sama tahun lalu sebesar Rp 20,92 miliar. Sementara, pendapatan yang berasal dari pendapatan usaha mencetak Rp 249,49 miliar pada September 2024, naik dari September 2023 yang tercatat Rp 213,75 miliar.

Baca Juga: Naik 226%, Wulandari Bangun Laksana (BSBK) Raup Laba Rp 62,1 Miliar

“Salah satu mal, Pentacity, menyumbang Rp 44,7 miliar. Pendapatan ini mengalami kenaikan 21,2% dari periode sama tahun lalu,” ujar Direktur BSBK, Daniel Wirawan dalam keterangan resmi, Selasa (15/10).

Adapun beban pokok penjualan dan beban langsung mencapai Rp 70,84 miliar, anjlok dari posisi sama tahun lalu Rp 79,89 miliar. Laba kotor tercatat Rp 192,58 miliar, melonjak 24% dari periode sama tahun lalu sebesar Rp 154,85 miliar. 

BSBK mencatat total aset mencapai Rp 2,57 triliun hingga kuartal III-2024. Ini naik dari posisi per 31 Desember 2023 yang tercatat Rp 2,49 triliun. Sementara jumlah ekuitas Rp 1,72 triliun, naik dari posisi 31 Desember 2023 sebesar Rp 1,68 triliun.

Perseroan juga berhasil menurunkan utang bank jangka panjang sebesar 2,95%, dari Rp 808,6 miliar menjadi Rp 784,8 miliar.

"Strategi efisiensi dan marketing yang diterapkan manajemen terbukti efektif dalam meningkatkan kinerja operasional dan keuangan perseroan,” tuturnya.

Terkait proyek hingga kuartal III, BSBK telah meluncurkan apartemen The Sapphire yang terdiri dari 237 unit. Apartemen ini mengusung konsep hunian eksklusif dengan pemandangan laut dan dilengkapi semi-furnished.

Daniel mengungkapkan, perseroan optimistis unit-unit tersebut akan terjual habis dalam tiga tahun, mengingat tingginya minat konsumen.

Harapan tersebut meningkat seiring rencana presiden terpilih Prabowo Subianto yang berencana menghapus pajak properti hingga 16%. Hal ini diprediksi dapat mendongkrak penjualan apartemen The Sapphire.

“Investor yang telah membeli unit di kawasan BSB juga merasa puas dengan pencapaian rental yield hingga 11% per tahun,” ungkapnya.

Dari sisi pusat perbelanjaan, tingkat okupansi Mal Pentacity naik dari 82,82% di semester I 2024 menjadi 90,68% pada kuartal III. Sementara itu, Mal E-Walk mencatatkan kenaikan tipis dari 97,91% di semester I menjadi 97,98% di kuartal III.

“Beberapa tenant besar yang baru bergabung seperti Victoria's Secret, Bath & Body Works, dan Sushi Tei turut berkontribusi pada peningkatan tersebut,” paparnya.

 

Di sektor perhotelan, tingkat okupansi Astara Hotel meningkat dari 64% di triwulan kedua menjadi 73% di triwulan ketiga. Sementara itu, Pentacity Hotel mencatat kenaikan dari 80% menjadi 83% pada periode yang sama.

Daniel mengungkapkan, BSBK akan terus berkomitmen untuk terus meningkatkan performa dengan memperkuat kampanye pemasaran digital, berkolaborasi dengan agen properti lokal, serta menawarkan promosi eksklusif yang menarik bagi calon pembeli.

Selain itu, BSBK juga berencana mengadakan pameran properti dan event open house untuk menarik minat pasar.

“Dari sisi CSR, kami juga aktif memberikan bantuan kepada komunitas sekitar, yang diharapkan dapat mempererat hubungan dengan masyarakat dan meningkatkan citra perusahaan,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Advokasi Kebijakan Publik di Era Digital (Teori dan Praktek) Mengenal Pentingnya Sustainability Reporting

[X]
×