CLOSE [X]
kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.018,33   10,53   1.04%
  • EMAS995.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.30%
  • RD.CAMPURAN -0.02%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.01%

Kripto NFT Indonesia terus bertambah, ini daftar enam marketplace NFT lokal


Minggu, 12 Desember 2021 / 23:03 WIB
Kripto NFT Indonesia terus bertambah, ini daftar enam marketplace NFT lokal
ILUSTRASI. In this photo illustration, a NFT (Non-fungible token) logo seen displayed on a smartphone. (Photo by Rafael Henrique/SOPA Images)


Reporter: Ahmad Febrian | Editor: Ahmad Febrian

KONTAN.CO.ID - JAKARTA.  Non fungible token (NFT) mungkin terdengar asing bagi sebagian orang Indonesia. Padahal, NFT punya andil besar meningkatkan nilai beragam karya dari para seniman. Gampangnya, NFT adalah aset digital yang menggambarkan obyek asli seperti karya seni atau karakter pada game dan video. 

Dalam bahasa sederhana, NFT mengubah aset digital dan jenis barang koleksi menjadi satu-satunya. Sehingga karya seni tersebut bisa diverifikasi keasliannya dan mudah diperdagangkan melalui blockchain.

Dan sudah banyak NFT karya anak bangsa.,  Terbaru, empat anak muda Indonesia berinisiatif mengelola NFT dalam sebuah payung bernama Superlative Secret Society (SuperlativeSS).

CEO & Founder Superlative Secret Society, Prasetyo Budiman mengungkapkan, Indonesia memiliki potensi besar dalam melahirkan karya-karya seni. Bahkan diminati mancanegara. 

“Kita mulai penjualan aset digital besar-besaran pada 22 September 2021. SuperlativeSS itu 100% buatan anak bangsa, founder-nya ada empat. Mulai dari artist, developer program, hingga community manager itu semua anak muda Indonesia,” terang Prasetyo, pekan lalu,. 

Sebelumnya salah satu digital artist Indonesia bernama Bentara  (Begawan Network Nusantara) meluncurkan NFT lukisan bersejarah Wali Songo. Lukisan tersebut menggambarkan masing-masing Wali Songo sedang menunggang kuda dengan latar belakang Masjid Agung Demak dan benuansa subuh.
“NFT dapat menjadi solusi atau kesempatan besar bagi para seniman lokal di Indonesia untuk berkarya dan dapat membantu perekonomian bagi para seniman lokal tersebut,” ujar Chairwoman Asosiasi Blockchain Indonesia, Asih Karnengsih.

Nah, tak Cuma NFT,, anak muda Indonesia membuat platform e-commerce aset digital yang disebut dengan NFT Marketplace. Setidaknya sudah ada enam  NFT marketplace buatan Indonesia.

Gampangnya NFT marketplace ini seperti Shopee, Lazada, Tokopedia dan lainnya, hanya saja yang diperjualbelikan adalah aset kripto. Berikut beberapa marketplace NFT asli Indonesia

- TokoMall
Tokomall adalah salah satu pelopor NFT di Indonesia yang mempunyai konsep unik dan sebagai jembatan dunia digital dengan dunia nyata.  NFT ini mendukung para artis, creator dan merek lokal untuk menduniakan produk mereka. Sesuai dengan motonya yakni jembatan dunia digital dan dunia nyata, TokoMall membuat NFT dapat menebus barang fisik dari mitra eksklusifnya. 

- Paras.id
Marketplace NFT ini dibangun di atas teknologi blockchain yang menawarkan kepemilikan sejati dan kelangkaan digital. Paras menggunakan cryptocurrency NEAR sebagai media pertukaran antara pencipta dan kolektor untuk mendukung transaksi lintas batas. 

Total pendanaan awal Paras Digital sebesarUS $5 juta atau Rp 7,18 miliar. Adapun investor yang ikut terlibat dalam pendanaan tersebut adalah Black Dragon Capital, Dragonfly Capital, Moonwhale Capital, Digital Renaissance, GFS Ventures, Global Coin Research, OKEx Blocdream Ventures, serta beberapa venture capital dan angel investor lainnya.

- Enevti
Enevti adalah platform terdesentralisasi yang dapat membantu para penggemar berhubungan nyata dengan para influencer mereka. Di Enevti, NFT bisa ditebus dengan protocol pembiayaan creator. Dengan adanya Enevti, hubungan fans dengan creator favorit mereka menjadi lebih dalam dan nyata. 

- Kolektibel
Jika Anda adalah penggemar atau pemain basket maka, pilihlah IBL NFT Marketplace. NFT IBL (Indonesia Basketball League) adalah suatu platform dokumentasi dari aksi-aksi terbaik dari para pemain basket IBL selama berlaga di lapangan pada kompetisi musim 2021. Nah, aksi-aksi ini nantinya dikelola lalu dijadikan sebagai merchandise. Setiap produk NFT IBL mempunyai keunikan dan karakteristik sendiri. 

- Baliola
Baliola adalah proyej kepeng.io cryptocurrency berbasis teknologi blockchain yang menjual berbagai produk seniman Bali dengan mekanisme NFT. Baliola ini diinkubasi oleh Badan Ekonomi Kreatif Denpasar. Nantinya, Baliola di desain tidak hanya menjual produk seniman saja melainkan juga setiap user yang menjadi penjual akan divalidasi terlebih dahulu dan dibuatkan halaman sendiri. Sehingga, para penjual bisa membuat etalase produk-produknya sendiri. Situs resminya ada di babiola.com

- Artsky
Terakhir ada Artsky, platform NFT Marketplace terdesentralisasi yang menghubungkan antara penjual dan pembeli secara langsung. Artsky sangat mendukung banyak orang yang mempunyai ide-ide dan ketrampilan digital kreatif untuk menghasilkan uang. 
Artsky menaungi berbagai bidang seni yaitu gravity, digital art, video, music, painting, photo dan masih banyak lagi. Untuk mendukung marketplacenya, Artsky selain masuk ke NFT,  juga mengerjakan beberapa proyek gim, DeFi, metaverse dan juga decommerce. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Data Analysis with Excel Pivot Table Supply Chain Management on Distribution Planning (SCMDP)

[X]
×