kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Korban kejatuhan saham Tiga Pilar Sejahtera bermunculan


Sabtu, 07 Juli 2018 / 10:50 WIB
Korban kejatuhan saham Tiga Pilar Sejahtera bermunculan
ILUSTRASI. Kasus beras oplosan


Reporter: Dityasa H Forddanta | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Korban anjloknya saham PT Tiga Pilar Sejahtera Food Tbk (AISA) bermunculan. Investor, mulai skala korporasi hingga ritel menelan pil pahit akibat rontoknya saham perusahaan tersebut.

Pil paling pahit harus ditelan oleh private equity yang tak asing di sektor konsumer nasional, Kohlberg Kravis Roberts (KKR). KKR menjadi pemegang saham institusi terbesar ketiga setelah PT Tiga Pilar Corpora dan JP Morgan, melalui KKR Asset Management LLC.

Berdasarkan penelusuran Kontan.co.id, ihwal masuknya perusahaan yang bermarkas di New York itu dimulai pada September 2013. Saat itu, KKR membeli 277,97 juta saham AISA atau setara 9,5% di harga Rp 1.440 per saham. Total nilai transaksi mencapai Rp 400,28 miliar.

Sekarang, harganya merosot di Rp 168 per saham. Selisih harga saat KKR masuk sampai saat ini sudah terpaut 88% lebih rendah.

Berdasarkan laporan kepemilikan saham Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) per 5 Juli 2018, kepemilikan KKR dalam AISA berkurang menjadi 292,6 juta saham atau 9,09%.Dengan asumsi itu, kepemilikannya sekarang hanya Rp 49,16 miliar. Artinya, KKR merugi Rp 351,12 miliar.

Wajar, jika ada selentingan kabar yang menyebut perwa-kilan KKR marah. Portofolionya di AISA sudah tergerus lebih dari 87%. Andai KKR melepas seluruh saham AISA pada 2014 lalu, KKR sudah untung Rp 366,33 miliar.

Pasalnya, saat itu, merupakan tren puncak harga saham AISA. Harganya sempat menyentuh level tertinggi Rp 2.620 pada 28 Mei 2014.

Bukan cuma investor kakap, tak sedikit investor ritel yang merugi. Viral di kalangan investor soal kisah seorang pedagang sate di Bali yang bekerja keras selama enam tahun dan menggunakan semua modalnya, Rp 500 juta untuk membeli AISA. Dia masuk saat harga Rp 640.

Malang tak bisa ditolak, portofolionya amblas 75%. Sekarang, sahamnya malah tak bisa bergerak karena Bursa Efek Indonesia (BEI) mensuspensi saham AISA. Kabarnya, kondisi kesehatan orang itu kini menurun.

Seorang kerabatnya membenarkan kejadian itu. Tapi, ia menolak menceritakan lebih lanjut. "Lebih baik ke orangnya langsung jika sudah sembuh," ujar sumber tersebut.

Sebelumnya, saham AISA sempat jadi primadona. Bahkan, digadang-gadang menjadi the next UNVR. Dengan adanya predikat itu, bisa diasumsikan investor yang mengoleksi saham itu memiliki perhitungan cermat dan hati-hati. Namun, sudah berhati-hati tetap saja jebol.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×