kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Komitmen dan Konsistensi J Trust Bank Menerapkan Good Corporate Governance


Selasa, 14 Juni 2022 / 10:45 WIB
Komitmen dan Konsistensi J Trust Bank Menerapkan Good Corporate Governance
ILUSTRASI. Kontan - J Trust Bank Kilas Online


Reporter: Tim KONTAN | Editor: Ridwal Prima Gozal

KONTAN.CO.ID - Sebagai salah satu bank umum konvensional yang tercatat di Bursa Efek Indonesia, PT Bank JTrust Indonesia, Tbk (J Trust Bank/BCIC) memahami pentingnya penerapan Tata Kelola Perusahaan yang Baik atau Good Corporate Govervance (GCG). Secara konsisten, penerapan prinsip GCG akan membantu menghasilkan nilai ekonomi jangka panjang yang berkesinambungan baik untuk para pemegang saham ataupun pemangku kepentingan.

J Trust Bank melaksanakan penerapan GCG berdasarkan lima prinsip dasar GCG yang diatur dalam Peraturan OJK, yaitu Transparansi, Akuntabilitas, Pertanggungjawaban, Independensi, serta Kewajaran dan kesetaraan. Meskipun selama tiga tahun terakhir kondisi perekonomian masih diliputi tantangan dan ketidakpastian, J Trust Bank terus berupaya menjalankan komitmen tersebut.

Baca Juga: J Trust Bank Perkuat Komitmen CSR Seiring Perbaikan Kinerja Bisnis

Pemenuhan modal inti

Dari sisi permodalan, J Trust Bank telah melakukan pemenuhan modal inti minimum Bank paling sedikit sebesar Rp2 triliun. Pemenuhan modal inti minimum ini bersumber dari setoran modal Pemegang Saham Pengendali Bank sehingga struktur permodalan Bank semakin kuat dengan rasio Kewajiban Penyediaan Modal Minimum Bank sebesar 13,88% pada kuartal pertama 2022.

Selain itu, kondisi likuiditas J Trust Bank juga tetap memadai. Rasio kecukupan likuiditas tercatat sebesar 161,37% per 31 Maret 2022, meningkat dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu sebesar 151,95%.

Aksi korporasi

J Trust Bank bakal melaksanakan penambahan modal dengan hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD) atau rights issue, dengan menawarkan sebanyak 4,24 miliar saham atau setara 30%.

Saham-saham tersebut akan ditawarkan melalui penawaran umum terbatas (PUT) II tahun 2022. HMETD akan dibagikan kepada para pemegang saham J Trust Bank yang tercatat pada 14 Juli 2022.

Dana yang diperoleh dari rights issue akan dialokasikan untuk meningkatkan modal, dalam rangka pemenuhan ketentuan tentang Modal Inti Minimum bank. Sisa dana rights issue akan dialokasikan untuk memperkuat struktur permodalan dan pengembangan usaha perseroan melalui pemberian kredit.

Raih penghargaan GCG

Komitmen dan konsistensi J Trust Bank dalam menjalankan GCG turut diakui Indonesian Institute for Corporate Directorship (IICD). Dalam ajang IICD Corporate Governance Award ke-13 yang berlangsung pada 27 Mei 2022, J Trust Bank memperoleh penghargaan pada dua kategori, yaitu “Top 50 Emiten Kapitalisasi Pasar Menengah dengan Praktek Tata Kelola Perusahaan Terbaik” dan “Best Responsibility of The Board”.

IICD Corporate Governance Award 2022 diberikan kepada emiten yang mengimplementasikan praktik tata kelola perusahaan yang baik. Penilaian dilakukan kepada 200 emiten dengan kapitalisasi pasar terbesar dan menengah yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Penilaian dibagi dalam dua kelompok, yaitu 100 emiten kapitalisasi (big cap) dan 100 emiten kapitalisasi pasar menengah (mid cap). Sedangkan metode penilaian dilakukan berdasarkan ASEAN Corporate Governance Scorecard.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×