kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.333.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kinerja XL Axiata (EXCL) Bakal Terdorong Potensi Merger, Cek Rekomendasi Sahamnya


Kamis, 01 Februari 2024 / 20:11 WIB
Kinerja XL Axiata (EXCL) Bakal Terdorong Potensi Merger, Cek Rekomendasi Sahamnya
ILUSTRASI. Sebuah menara telekomunikasi berada di kompleks Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Aruk yang berbatasan langsung dengan Malaysia di Sajingan Besar, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat (9/2/2023). PT XL Axiata Tbk (EXCL) terus meningkatkan kualitas jaringan 4G, salah satunya di wilayah pelosok dan perbatasan negara. Jumlah BTS XL Axiata terus bertambah sebanyak lebih dari 1.100 BTS 4G di seluruh wilayah Kalimantan, meningkat sebesar 42% dalam setahun terakhir. (KONTAN/Daniel Prabowo)


Reporter: Akmalal Hamdhi | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. PT XL Axiata Tbk (EXCL) dipandang bakal menerima banyak manfaat dari potensi merger dengan PT Smartfren Telecom Tbk (FREN). EXCL bersama FREN dapat memberikan persaingan yang kompetitif di industri telekomunikasi.

Research Analyst MNC Sekuritas, Vera mengatakan, narasi yang beredar sejak tahun 2021, akhir-akhir ini semakin santer didengar karena manajemen kedua belah pihak telah terlibat dalam diskusi mengenai potensi penggabungan usaha.

Usulan tersebut sejalan dengan tujuan strategis yang ditetapkan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) guna menumbuhkan daya saing yang lebih menguntungkan dalam industri telekomunikasi, dengan sengaja menyatukan dan mengurangi pemain utama menjadi tiga.

Baca Juga: Potensi Merger EXCL dan FREN Bakal Mengganggu Industri Menara Telekomunikasi

Vera menuturkan, merger EXCL dan FREN dapat membuka jalan bagi Trifecta yakni persaingan diantara 3 pihak di industri telekomunikasi.

Seperti diketahui, lanskap telekomunikasi Indonesia saat ini memiliki empat pemain utama operator seluler yang terdiri dari Telkomsel, Indosat Ooredoo Hutchison (hasil merger antara Indosat Ooredoo dan Tri Hutchison), XL Axiata, dan Smartfren.

“Penggabungan yang diharapkan akan memberikan banyak manfaat kompetitif bagi XL Axiata dan Smartfren,” ungkap Vera dalam riset 21 Desember 2023.

 

Vera menjelaskan, total pelanggan kolaborasi EXCL dan FREN ini akan bertambah hingga 93,7 juta, jika mengacu kinerja per kuartal III-2023. Sehingga, ini memungkinkan persaingan yang sebanding dengan Indosat Ooredoo Hutchison (99,4 juta) dan Telkomsel (158,3 juta pelanggan).

Baca Juga: Smartfren Telecom (FREN) Bakal Gelar Rights Issue, Ini Kata Analis

Selain itu, kombinasi tersebut akan menjadi solusi alternatif bagi kedua perusahaan untuk memegang total pangsa pasar spektrum sebesar 34%, dibandingkan dengan 37% oleh Telkomsel dan 30% oleh Indosat Ooredoo Hutchison.

Sejak awal tahun 2023, EXCL telah mengumpulkan pelanggannya secara signifikan dan meningkatkan ARPU mereka menjadi kisaran Rp 42.000. Hal ini menghasilkan perkiraan pertumbuhan sekitar 13,9% EBITDA untuk tahun 2023.

Selain itu, Vera menilai bahwa dengan prospek rencana merger yang akan datang, EXCL tampaknya mengalami peningkatan pertumbuhan bisnis. Sehingga pendapatan emiten telko tersebut diproyeksikan tumbuh sebesar 8,9% dan EV/EBITDA 4,8x untuk tahun 2024.




TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×