kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kinerja Pasar Obligasi Indonesia Masih akan Mendaki Tinggi di Tahun Depan


Kamis, 08 Desember 2022 / 19:45 WIB
Kinerja Pasar Obligasi Indonesia Masih akan Mendaki Tinggi di Tahun Depan


Reporter: Akmalal Hamdhi | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Turunnya Indonesia Composite Bond Index (ICBI) mengindikasikan pasar obligasi tengah dalam tekanan. Kinerja pasar obligasi sempat mendaki tinggi, namun akhirnya turun belakangan ini.

Mengutip data Penilai Harga Efek Indonesia (PHEI), kinerja pasar obligasi yang tercermin dari ICBI sempat menyentuh area 344,19 pada Minggu (4/12). Ini menjadi level tertinggi indeks ICBI di sepanjang tahun 2022.

Performa ICBI setelah itu turun dalam 3 hari berturut-turut. Meskipun hari ini, Kamis (8/12) kembali menguat tipis 0,01 dibandingkan hari sebelumnya, namun ICBI terkoreksi 0,22% dalam sepekan.

Senior Vice President Head of Retail Product Research & Distribution Division Henan Putihrai (HP) Asset Management Reza Fahmi mencermati bahwa penurunan ICBI disebabkan oleh adanya aksi profit taking oleh beberapa institusi.

Baca Juga: Ini Penyebab Cadangan Devisa Indonesia Naik Menurut BI

Aksi tersebut berkaitan disinyalir untuk mengamankan posisi kinerja menjelang akhir tahun.

Di samping itu, level imbal hasil obligasi acuan 10 tahun berada di bawah 7% atau level psikologisnya. Ini turut melemahkan kinerja ICBI.

Menurut Reza, kebijakan suku bunga Bank Indonesia (BI) masih akan menjadi sentimen pasar obligasi ke depan.

BI diperkirakan masih akan meningkatkan suku bunga hingga level 5,25%-5,50%. Serta, fluktuasi mata uang rupiah pada level Rp 15,400 – Rp 15,700 per dollar Amerika Serikat (AS) akan membebani pasar surat utang tanah air.

Dari eksternal, investor masih melihat tingkat inflasi AS. Walaupun dalam tren menurun, namun tingkat bunga masih pada level yang tinggi.

"Sehingga, tindak lanjut suku bunga The Fed masih menjadi perhatian pasar," kata Reza kepada Kontan.co.id, Kamis (8/12).

Baca Juga: Ada Potensi Window Dressing, Kinerja Reksadana Saham Siap Bangkit di Desember




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×