kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kinerja EXCL Diprediksi Tumbuh Positif pada 2024, Simak Rekomendasi Sahamnya


Senin, 22 April 2024 / 20:41 WIB
Kinerja EXCL Diprediksi Tumbuh Positif pada 2024, Simak Rekomendasi Sahamnya
ILUSTRASI. Pelayanan pelanggan yang menggunakan SIM tertanam atau embedded SIM (eSIM) di XL Center Jakarta, Jumat (22/3/2024). (KONTAN/Cheppy A. Muchlis)


Reporter: Nadya Zahira | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Emiten operator telekomunikasi, PT XL Axiata Tbk (EXCL) membukukan pertumbuhan pendapatan dua digit sebesar Rp 32,4 triliun atau naik 10,9% secara year on year (YoY), di 2023.

Kinerja ini terutama didorong oleh upaya monetisasi yang mencakup dorongan digitalisasi dan personalisasi pengalaman pelanggan, serta penyesuaian harga. 

Peningkatan pendapatan ini utamanya juga didukung oleh segmen data dan layanan digital yang naik di sepanjang tahun 2023,  layanan managed service yang baik dan TI sebagai segmen bisnis terbaru. 

Research Analyst MNC Sekuritas, Vera mengatakan, EXCL juga berhasil membukukan pertumbuhan laba bersih yang naik sebesar 14,6% YoY di sepanjang 2023, dibandingkan tahun sebelumnya yang turun 13,85% YoY. 

Baca Juga: Laba BCA (BBCA) Naik 11,7% pada Kuartal I 2024, Ini Rekomendasi Sahamnya

Vera memprediksi, di sepanjang tahun 2024, pendapatan EXCL bisa naik sebesar 7,4% dan EBITDA turut naik 7,6%, sejalan dengan target manajemen untuk mencapai laba bersih satu digit dan marjin EBITDA sebesar 50%. 

“Dasar pemikiran kami berasal dari lanskap persaingan yang lebih konstruktif di pasar MNO baru-baru ini, dan basis pelanggan EXCL yang stabil, di mana memposisikannya untuk peluang monetisasi lebih lanjut di masa depan,” kata Vera dalam risetnya, 4 April 2024. 

Selain itu, Vera mengatakan bahwa EXCL juga menargetkan belanja modal sebesar Rp 8 triliun yang dikapitalisasi untuk sepanjang tahun 2024. Angka ini lebih besar dari realisasi belanja modal di tahun 2023 yang sebesar Rp 7,2 triliun.

Di sisi lain, EXCL di tahun ini juga diprediksi akan makin cuan, seiring dengan rencananya yang akan mengambil alih lini bisnis fix broadband PT Link Net Tbk (LINK), termasuk di antaranya 750.000 pelanggan. 

Associate Director Riset dan Investasi Pilarmas Investindo, Maximilianus Nico Demus mengatakan, adanya rencana tersebut berpotensi mendorong kinerja EXCL menjadi lebih baik lagi di tahun ini. Ditambah, 750 ribu pelanggan Fixed Broadband dapat menikmati berbagai produk dan layanan dari EXCL. 

“Link juga bersiap melakukan pembangunan jaringan baru untuk 2 juta home passed yang dapat dimanfaatkan oleh EXCL nantinya. Oleh sebab itu, hal ini seiring dengan fokus XL yang akan mendorong percepatan pertumbuhan layanan FBB dan FMC di Indonesia,” ujar Nico kepada Kontan.co.id, Senin (22/4). 

Nico menilai, hal tersebut akan memberikan dampak positif bagi EXCL di masa yang akan datang, dengan harapan integrasi dapat berjalan dengan baik dan cepat. 

 

Baca Juga: Emiten Ramai Menggelar Akuisisi, Cermati Rekomendasi Saham Berikut Ini

Nico memprediksi, kinerja EXCL pada tahun ini masih bertumbuh positif, seiring dengan pertumbuhan keuangan perusahaan yang terus meningkat selama 5 tahun terakhir, baik kinerja pendapatan dan laba bersih. Meski demikian, kinerja ini mengalami penurunan saat masa pandemi Covid-19.

“Sejauh ini kalau kita perhatikan sejak dari tahun 2018, total pendapatan terus mengalami kenaikan didukung oleh laba usaha yang naik secara signifikan dari tahun 2022 ke 2023. Maka kinerja pada tahun ini juga diyakini dapat menjngkat,” kata Nico. 

Nico optimis di tahun ini, EXCL kinerja EXCL bisa bertumbuh positif lantaran emiten telekomunikasi ini selalu paham cara untuk dapat memberikan layanan terbaik kepada masyarakat.

Mulai dari join bersama Axis yang berbasis anak muda, menyiapkan XL Prioritas kelas menengah atas, hingga ekosistem yang mereka bangun membuat user experience menjadi jauh lebih menyenangkan. 




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×