Reporter: Pulina Nityakanti | Editor: Noverius Laoli
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kinerja PT Ace Hardware Indonesia Tbk (ACES) dan PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI) diproyeksikan masih terkerek di tengah sejumlah sentimen positif untuk emiten ritel.
Melansir laporan keuangan, Minggu (10/12), pendapatan bersih MAPI naik 26,41% secara tahunan atau year on year (YoY) dari Rp 18,82 triliun menjadi Rp 23,79 triliun per 30 September 2023.
Meskipun begitu, laba bersih MAPI masih terkoreksi. Per September 2023, laba bersih MAPI turun 4,96% secara tahunan menjadi Rp 1,48 triliun dari Rp 1,56 triliun pada akhir September 2022.
Baca Juga: Jelang Nataru, Begini Rekomendasi Saham ACES dan MAPI
ACES mencatatkan penjualan Rp 5,49 triliun, naik dari periode yang sama tahun lalu Rp 4,89 triliun. Laba periode berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk ACES sebesar Rp 485,83 miliar atau tumbuh 38,13% YoY.
Direktur Utama Kiwoom Sekuritas Indonesia Chang-kun Shin melihat, ACES dan MAPI masih memiliki prospek mencatatkan Kinerja laporan keuangan yang positif hingga akhir tahun 2023.
“Terlebih, ada momentum Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 yang bisa menjadi pendorong pendapatan dari kedua emiten ini,” ujarnya kepada Kontan, Jumat (8/12).
Research Analyst MNC Sekuritas Raka Junico mengatakan, perseroan ritel dengan target pasar menengah ke atas akan mencatatkan kinerja yang lebih baik ke depannya. Hal itu pun tercermin dari kinerja ACES dan MAPI.
Baca Juga: Laba Jasa Marga (JSMR) Melesat hingga Kuartal III, Begini Rekomendasi Sahamnya
Per September 2023, MAPI membuka 340 toko baru, dengan total penambahan ruang sebesar 70,5 ribu meter persegi. Angka ini lebih tinggi dibandingkan dengan realisasi tahun 2022 sebesar 59,2 ribu meter persegi.
Kontribusi toko-toko luar negeri yang menjanjikan bahkan tercatat sebesar 12% terhadap omzet MAPI per kuartal III 2023, mesin kinerja MAPI bisa bertumbuh di masa depan.
“Namun, kami menyadari adanya risiko negatif dari peralihan produk, yang menyebabkan konsumen beralih ke UMKM,” ujarnya dalam riset MNC Sekuritas tertanggal 5 Desember 2023.
Raka memaparkan, ACES juga mencatatkan pemulihan same-store sales growth (SSSG) sebesar 6,8% per Oktober 2023.
“ACES juga memulai perubahan strategis, dengan beralih dari acara promosi penjualan besar ke kampanye yang lebih bertarget dan terbatas. Kami memandang ini sebagai langkah positif dan efisien,” ungkapnya.
Baca Juga: Saham Barito Renewable (BREN) Kian Bertenaga, Bakal Dilirik Manajer Investasi?
ACES juga berencana untuk berintegrasi sepenuhnya ke dalam ekosistem Grup Kawan Lama pada semester I 2024. Sebelumnya ACE Rewards (Poin) diintegrasikan ke dalam RupaRupa Rewards (Koin).