kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45925,41   -5,94   -0.64%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kinerja diprediksi membaik, simak rekomendasi saham Matahari Department Store (LPPF)


Jumat, 01 Oktober 2021 / 08:30 WIB
Kinerja diprediksi membaik, simak rekomendasi saham Matahari Department Store (LPPF)


Reporter: Achmad Jatnika | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pada tahun 2020 dan 2021, PT Matahari Department Store Tbk (LPPF) menutup total 38 toko yang tidak menguntungkan. Ke-38 gerai yang tutup hanya menyumbang 8,4% dari penjualan kotor dan 2,1% dari EBITDA.

Analis Mirae Asset Sekuritas, Christine Natasya, dalam risetnya, percaya bahwa pembukaan toko baru ini lebih baik dibandingkan dengan mempertahankan toko yang tidak menguntungkan. 

Christine juga melihat, bahwa margin EBITDA pembukaan tiga gerai baru jauh lebih tinggi, yaitu 16,0% dibandingkan dengan margin EBITDA dari 38 gerai yang ditutup, dengan hanya 4,5%.

“Kami yakin kerugian dari penutupan toko sudah terlewati, dan perusahaan akan fokus pada pembukaan toko baru, terutama pada tahun 2022 dan jika ada penutupan toko di masa depan, dilakukan untuk relokasi,” jelas Christine dalam risetnya yang dirilis 27 Agustus 2021.

Baca Juga: Harga batubara masih membara, begini rekomendasi saham PTBA

Saat ini, Christine mengamati, bahwa LPPF melihat beberapa peluang baru yang muncul sejak pandemi Covid-19, karena persaingan yang semakin berkurang, dan ketidakmampuan pesaing yang lebih kecil untuk bersaing dalam persaingan.

Ia juga melihat, di tahun 2022, LPPF membuka peluang untuk membuka toko baru lebih banyak lagi dengan biaya yang lebih terjangkau, di tengah kondisi saat ini.

Ke depannya, Christine percaya, bahwa inisiatif digital sekarang adalah masa depan bagi department store, dan menjadi pertanda baik dengan diskusi internal LPPF yang sedang berlangsung saat ini. 

Christine menilai, saat ini LPPF terbuka untuk kemitraan strategis di masa depan yang akan mendukung peluang omnichannel di masa depan. Menurutnya perusahaan terbuka untuk menyesuaikan ukuran toko di masa depan yang akan mendukung fitur digital masa depan yang mungkin diperlukan di berbagai jenis toko, seperti Click & Collect/Ship atau pick from store.

Baca Juga: Kinerja bangkit, simak rekomendasi Matahari Department Store (LPPF) dari BRIDanareksa

Tambah Christine, saat ini LPPF sudah meletakan pipeline teknologi untuk memastikan toko mereka di masa depan akan lebih aktif lagi secara digital. 

Selain itu, menurut Christine, pemulihan minat beli konsumen, terutama pasca pandemi, akan menjadi pendorong utama katalis harga saham di masa mendatang. Rencana pembukaan gerai baru LPPF pada di tahun 2022 dengan margin EBITDA yang lebih tinggi juga akan menjadi katalis utama, menurut pandangannya.

 




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×