kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45790,50   -3,71   -0.47%
  • EMAS1.007.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.22%
  • RD.CAMPURAN 0.09%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.23%

Kinerja Buyung Poetra Sembada (HOKI) di kuartal II anjlok, ini penyebabnya


Senin, 24 Agustus 2020 / 18:11 WIB
Kinerja Buyung Poetra Sembada (HOKI) di kuartal II anjlok, ini penyebabnya
ILUSTRASI. PT Buyung Poetra Sembada Tbk Beras cap Topi Koki

Reporter: Hikma Dirgantara | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. PT Buyung Poetra Sembada Tbk (HOKI) mencatatkan kinerja yang kurang memuaskan pada kuartal II-2020 kemarin. HOKI hanya membukukan penjualan sebesar Rp 305 miliar. Jumlah tersebut turun 33,7% bila dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya, di mana pada kuartal II-2020 berhasil membukukan Rp 461 miliar.

Dari sisi laba bersih, emiten produsen beras ini juga sama kurang baiknya. HOKI hanya berhasil mengantongi laba bersih Rp 10 miliar pada kuartal II-2020. Padahal pada periode yang sama sebelumnya, laba bersih HOKI mencapai Rp 31 miliar. Artinya jumlah tersebut turun 67,4% secara year on year (yoy).

Baca Juga: PT Buyung Poetra Sembada Tbk (HOKI) Memacu Penjualan di Ritel Modern

Analis RHB Sekuritas Michael Wilson Setjoadi mengatakan memburuknya kinerja HOKI tidak terlepas dari adanya penurunan margin. Selain itu, Michael bilang dari segi operational expenditures (opex), HOKI juga mengalami peningkatan.

“Dari sisi opex, HOKI mengalami peningkatan imbas dari biaya transportasi yang juga mengalami kenaikan. Ini imbas dari penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pada kuartal II-2020 kemarin,” ujar Michael kepada Kontan.co.id, Senin (24/8).

Sementara itu, analis Sucor Sekuritas Jennifer Widjaja dalam risetnya pada 4 Agustus 2020 mengatakan selain opex yang meningkat, pemberat kinerja HOKI adalah permintaan yang melemah. Padahal, periode Idul FItri merupakan momen yang bisa mendongkrak kinerja penjualan HOKI pada tahun-tahun sebelumnya.

Baca Juga: Jangan lewatkan cum dividen 5 saham hari ini: TSPC, HOKI, SKLT, TUGU, SMDR

Jennifer menyoroti satu hal yang cukup mengejutkan adalah volume penjualan HOKI pada General Trade (GT) terpukul sangat dalam, setelah turun sebesar 93,1% secara yoy pada kuartal II-2020.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×