Reporter: Yudo Widiyanto | Editor: Edy Can
JAKARTA. Anak usaha PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM) yang bergerak dalam bisnis informasi, media dan edutaimen mulai mendatangkan laba. Operation Vice President Public Relations TLKM Agina Siti Fatimah mengatakan, pertumbuhan bisnis anak usaha perusahaan jasa halo-halo tersebut sudah mulai membaik.
Agina mengatakan, kontribusi anak usaha tersebut mencapai 15% hingga 20%. "Kecenderungannya terus meningkat," katanya.
Sebagai contoh PT Infomedia Nusantara. Pada kuartal pertama tahun ini, pemilik merek Yellow Pages ini sudah mencatat pendapatan sebesar Rp 178 miliar atau naik 41% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Direktur Utama Infomedia Muhammad Awaludin menargetkan tahun ini, pendapatannya bisa mencapai Rp 1 triliun atau naik 15% dari tahun 2010.
Asal tahu saja, TLKM mengempit 51% saham Infomedia. Sisanya oleh PT Multimedia Nusantara (Metra).
Anak usaha lainnya adalah PT Indonusa Telemedia. Perusahaan TV berbayar merek Telkomvision dan Yes TV ini pada kuartal I mencatat pendapatan hingga Rp 49,4 miliar. Berbeda degan periode yang sama tahun 2010 lalu mencapai kisaran Rp 25 milliar.
Aksi korporasi televisi berbayar ini terbilang gencar. Pada tahun 2011 ini ditargetkan bakal meluncurkan layanan televisi berbasis internet (IPTV) pada pertengahan 2011. Pemilik 500.000 pelanggan ini sudah menginvestasikan dana Rp 1 triliun untuk mengembangkan jaringan kabel khusus IPTV. "Kami targetkan dengan pelanggan premium," ungkap Direktur Utama Telkomvision, Elvizar kepada KONTAN.
Selain itu, ada PT Administrasi Medika (AdMedika). Anak usaha yang diakusisi pada 2007 silam ini memperoleh pendapatan sebesar Rp 15,6 miliar dan laba bersih Rp 5,2 miliar pada kuartal pertama. Admedika bergerak di bidang Electronic Health Care Network di Jakarta. Namun terkait detail capaian tahun sebelumnya Agina menjawab singkat. "AdMedika tumbuh 30% dari tahun lalu," ungkapnya.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News