kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45877,52   -7,59   -0.86%
  • EMAS928.000 -1,28%
  • RD.SAHAM -0.50%
  • RD.CAMPURAN -0.07%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kerja sama pembiayaan distributor mitra, Semen Indonesia (SMGR) menggandeng BNI


Selasa, 06 April 2021 / 10:44 WIB
Kerja sama pembiayaan distributor mitra, Semen Indonesia (SMGR) menggandeng BNI
ILUSTRASI. Potensi pembiayaan distributor mitra Semen Indonesia (SMGR) masih cukup besar.


Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SMGR) dan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BBNI) menandatangani perjanjian kerja sama solusi digital value chain untuk pembiayaan distributor mitra SMGR. Penandatanganan dilakukan di Jakarta, Senin (5/4).

Untuk diketahui, solusi digital value chain merupakan solusi yang memanfaatkan layanan digital perbankan berupa fasilitas pembiayaan yang diberikan kepada distributor mitra SMGR. Layanan ini guna mendukung kelancaran distribusi semen, produk turunan semen, dan bahan bangunan lainnya.

Direktur Utama Semen Indonesia Grup, Hendi Prio Santoso mengatakan, kondisi perekonomian yang cukup menantang di masa pandemi, menuntut Semen Indonesia untuk mengoptimalkan modal kerja melalui pengelolaan kas dengan mempercepat cash convertion cycle, baik di sisi perusahaan maupun mitra SMGR. Salah satunya adalah melalui solusi digital host to host untuk pembiayaan distributor mitra SMGR dengan tarif yang kompetitif dan solusi agunan yang ringan.

“Keuntungan lainnya yaitu akan diperoleh transparansi arus dokumen dan kas, secara real time, proses pencairan yang lebih fleksibel, kemudahan rekonsiliasi dan administrasi dokumen tagihan, paperless, dan aman,” kata Hendi dalam rilis, Selasa (6/4).

Baca Juga: Manufaktur menggeliat, saham-saham ini bisa dicermati

Hendi menambahkan, untuk memenuhi target penjualan domestik tahun 2021 serta rencana peluncuran produk turunan semen maupun bahan bangunan lainnya di kuartal kedua 2021, potensi pembiayaan distributor mitra SMGR masih cukup besar.

Direktur Utama Bank Negara Indonesia Royke Tumilaar mengatakan, kerja sama ini diharapkan dapat memperkuat hubungan antara BBNI dan SMGR, khususnya pada segmen usaha kecil dan menengah. Salah satunya, BBNI menyediakan skema distributor financing untuk pembelian produk semen dan bahan bangunan lainnya yang dapat dimanfaatkan oleh mitra SMGR. Langkah ini dapat mendukung bisnis dan pemberdayaan usaha kecil menengah (UKM) mitra SMGR.

Sebagai gambaran, Semen Indonesia mencatatkan penjualan 39,84 juta ton semen (termasuk penjualan klinker domestik) sepanjang tahun 2020. Realisasi ini menurun 7,9% dari volume penjualan pada 2019 yang mencapai 43,27 juta ton.

Baca Juga: Sepanjang 2020, emiten semen kompak catatkan penurunan pendapatan

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Panduan Cepat Maximizing Leadership Sukses Presentasi: Presentasi Online Yang Tidak Membosankan Batch 2

[X]
×