kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45906,11   8,51   0.95%
  • EMAS1.378.000 0,95%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kenaikan Permintaan Bahan Bakar Memanaskan Harga Minyak


Selasa, 02 Juli 2024 / 11:06 WIB
Kenaikan Permintaan Bahan Bakar Memanaskan Harga Minyak
ILUSTRASI. Harga minyak dunia bertahan di dekat level tertinggi dua bulan yang dicapai pada sesi sebelumnya, di tengah ekspektasi meningkatnya permintaan bahan bakar dan kemungkinan penurunan suku bunga AS yang dapat meningkatkan perekonomian.


Sumber: Reuters | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - BEIJING. Harga minyak dunia bertahan di dekat level tertinggi dua bulan yang dicapai pada sesi sebelumnya, di tengah ekspektasi meningkatnya permintaan bahan bakar dan kemungkinan penurunan suku bunga Amerika Serikat (AS) yang dapat meningkatkan perekonomian.

Seperti dikutip Reuters, Selasa (2/7), harga minyak mentah berjangka Brent naik 20 sen menjadi US$ 86,80 per barel pada 0313 GMT setelah naik 1,9% di sesi sebelumnya ke penutupan tertinggi sejak 30 April 2024.

Harga minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) AS juga naik 15 sen menjadi US$ 83,53 per barel, setelah naik 2,3% ke level tertinggi sejak 26 April.

"Pergerakan harga minyak tampaknya lebih didorong oleh ketakutan dan sentimen dibandingkan fundamental,” kata Vandana Hari, pendiri penyedia analisis pasar minyak Vanda Insights seperti dikutip Reuters.

Baca Juga: Harga Minyak Dunia Naik ke Level Tertinggi dalam Dua Bulan

Ia merujuk pada prospek permintaan bahan bakar di musim panas, kemungkinan konflik yang lebih tinggi antara Israel dan Iran dan Badai Beryl sebagai faktor pendukung kenaikan harga minyak.

Permintaan bensin di AS, konsumen minyak terbesar di dunia, diperkirakan meningkat seiring dengan dimulainya musim panas bersamaan dengan libur Hari Kemerdekaan pada minggu ini.

American Automobile Association memperkirakan bahwa perjalanan selama periode liburan akan meningkat 5,2% dibandingkan tahun 2023, dengan perjalanan mobil saja 4,8% lebih tinggi dibandingkan tahun sebelumnya.

“Hal ini dapat membantu pemulihan permintaan bensin setelah paruh pertama tahun 2024 yang lesu,” tulis analis ANZ dalam sebuah catatan.

Di sisi pasokan, pasar merencanakan kemungkinan gangguan akibat Badai Beryl pada penyulingan minyak dan produksi lepas pantai AS. Namun, prakiraan cuaca saat ini menunjukkan bahwa badai tersebut kemungkinan besar akan bergerak ke Teluk Campeche di Meksiko dan menyebabkan masalah bagi produksi minyak di sana.

Beryl melanda Karibia sebagai badai kategori 4 pada hari Senin dengan peringatan dari Pusat Badai Nasional AS mengenai “situasi yang sangat berbahaya” setelah badai tersebut melompat dari badai kategori 1 dalam waktu 10 jam.

Tanda-tanda meredanya inflasi di AS memperbarui harapan bahwa Federal Reserve akan menurunkan suku bunganya, kemungkinan pada bulan September.

Sebuah laporan pada hari Senin menunjukkan aktivitas manufaktur AS mengalami kontraksi selama tiga bulan, dan harga yang dibayar produsen untuk sejumlah input turun ke level terendah dalam enam bulan.

Seiring dengan laporan Departemen Perdagangan pada hari Jumat yang menunjukkan data inflasi AS tidak berubah pada bulan Mei, hal ini dapat memperkuat alasan untuk menurunkan suku bunga AS, sebuah langkah yang akan meningkatkan aktivitas ekonomi dan permintaan minyak.

Baca Juga: Harga Emas Spot Naik Tipis, Pasar Tunggu Arah Bunga The Fed

Namun, tanda-tanda pertumbuhan permintaan yang lebih rendah dari perkiraan telah membatasi kenaikan harga minyak.

Beberapa data menunjukkan, impor minyak mentah ke Asia, wilayah konsumen minyak terbesar di dunia, pada paruh pertama tahun 2024, lebih rendah dibandingkan tahun lalu. Hal ini terutama disebabkan oleh penurunan impor ke Tiongkok, importir minyak terbesar dan konsumen terbesar kedua di dunia.

Selanjutnya: IForte Solusi Infotek, Anak Usaha TOWR Resmi Akuisisi Inti Bangun Sejahtera (IBST)

Menarik Dibaca: Krom Bank Hadirkan Fitur QRIS di Aplikasi Krom

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×