kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45789,82   1,25   0.16%
  • EMAS1.008.000 0,10%
  • RD.SAHAM 0.17%
  • RD.CAMPURAN 0.10%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kelola Bandara Komodo, Cardig Aero Services (CASS) siapkan capex Rp 1,20 triliun


Senin, 10 Februari 2020 / 14:08 WIB
Kelola Bandara Komodo, Cardig Aero Services (CASS) siapkan capex Rp 1,20 triliun
ILUSTRASI. Sejumlah calon penumpang berjalan menuju pesawat di Bandar Udara Komodo di Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT, Rabu (22/1/2020).

Reporter: Ika Puspitasari | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Cardig Aero Services Tbk (CASS) dan Changi Airports International PTE LTD (CAI) dan perusahaan afiliasi CAI bekerjasama untuk mengelola Bandar Udara Komodo, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) dengan membentuk anak usaha baru yaitu PT Cinta Airport Flores (CAF). 

Cardig Aero Services  tercatat sebagai pemegang saham mayoritas dengan memiliki 80% dari total saham CAF. Sementara, CAI dan afiliasinya tercatat memiliki 20% dari total saham CAF.

Baca Juga: Pengembangan Bandara Komodo bakal dilakukan dalam dua tahap

Iman Oloan Sjafar, Presiden Direktur Cinta Airport Flores, mengatakan, pada tahun ini CAF telah menyiapkan dana belanja modal atau capital expenditure (capex) sebesar Rp 1,2 triliun untuk membiayai pembangunan dan pengembangan Bandar Udara Komodo.

Adapun rinciannya, dana tersebut akan digunakan untuk membangun perpanjangan runway, pelebaran apron, penambahan dua terminal baru, perkerasan runway dan taxiway, dan untuk memenuhi fasilitas pendukung lainnya.

Baca Juga: Kemenhub dorong pembangunan proyek sarana transportasi dengan skema KPBU

Dalam masa konsesi, Cinta Airport Flores akan menempatkan Bandar Udara Komodo sebagai gerbang bagi Flores, terutama dalam mewujudkan misi Pemerintah untuk meningkatkan konektivitas nasional dan internasional, serta untuk meningkatkan jumlah penumpang dari 720.000 penumpang saat ini sampai dengan 4 juta penumpang per tahun dan kargo sebesar 3.500 ton per tahun di tahun 2044 mendatang.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×