kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45943,04   1,90   0.20%
  • EMAS1.042.000 1,26%
  • RD.SAHAM -0.04%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Kehadiran 5 Seri Baru, Prospek Waran Terstruktur Kian Cerah


Kamis, 10 November 2022 / 17:30 WIB
Kehadiran 5 Seri Baru, Prospek Waran Terstruktur Kian Cerah
ILUSTRASI. Pasar waran terstruktur makin besar


Reporter: Yuliana Hema | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Lima seri waran terstruktur RHB Sekuritas resmi melantai hari ini, Kamis (10/11). Adapun kelima seri tersebut adalah ANTMDRCK3A, BBCADRCK3A, BMRIDRCK3A, MDKADRCK3A dan PGASDRCK3A.

Alhasil saat ini ada delapan seri yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI). Tiga seri sebelumnya, yakni UNVRDRCK3A, ADRODRCK3A dan ANTMDRCK3A telah meluncur pada 19 September 2022.

Berdasarkan data BEI, nilai transaksi di waran terstruktur mencapai Rp 2,18 miliar pada Kamis (10/11). Adapun nilai transaksi waran terstruktur dengan underlying BBRI terpantau paling tinggi mencapai Rp 638,49 miliar.

Direktur Utama Infovesta Utama Parto Kawito menyebut secara prospek waran terstruktur ini masih cerah. Dia menilai produk anyar ini bisa menjadi produk lindung nilai selain untuk transaksi biasa.

Baca Juga: Listing di BEI Kamis (10/11), Waran Terstruktur Underlying BBCA Jadi Favorit Investor

Menurutnya semakin banyak waran terstruktur yang diterbitkan oleh anggota bursa atau perusahaan, maka akan semakin baik bagi investor. Sebab investor akan punya banyak pilihan alternatif.

"Sebaiknya Perusahaan Efek penerbit menjaga likuiditas dan harga strike jangan terlalu jauh dengan harga pasar agar lebih menarik," kata Parto kepada Kontan, Kamis (10/11).

RHB Sekuritas mengakui pada penerbitan kedua ini jumlah angka pemesanan masih di bawah target perusahaan. Namun selama masa penawaran, seri BBCADRCK3A menjadi favorit investor.

Head Sales & Marketing Equity Derivative RHB Sekuritas Steinly Atmanagara menilai, hal itu disebabkan maraknya aksi penawaran umum saham perdana alias initial public offering (IPO).

"Kami pahami bahwa pada saat yang bersamaan terdapat 10 IPO saham secara bersamaan, mungkin ini juga turut membuat investor terbagi," jelas dia.

Namun dia meyakini transaksi setelah penawaran masih bisa terus meningkat sebab waran terstruktur ini bukan hanya sekadar produk, tetapi ketersediaan pasar derivatif saham-saham penghuni indeks IDX30.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung Complete Three Statement Modeling

[X]
×