kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45854,78   15,16   1.81%
  • EMAS1.355.000 0,44%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jelang Rilis Data Core PCE Price Index, Simak Prediksi Harga Emas pada Selasa (28/5)


Selasa, 28 Mei 2024 / 11:10 WIB
Jelang Rilis Data Core PCE Price Index, Simak Prediksi Harga Emas pada Selasa (28/5)
ILUSTRASI. Jelang Rilis Data Core PCE Price Index, Simak Prediksi Harga Emas pada Selasa (28/5)


Reporter: Nadya Zahira | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Harga emas diprediksi mengalami kenaikan pada hari Selasa (28/5). Berdasarkan data dari Trading Economics, harga emas turun tipis sebesar 0,05% ke level US$ 2.351 per ons troi pada Selasa pukul 10.35 WIB.

Menurut analisis dari Deu Calion Futures (DCFX), Andrew Fischer menyatakan bahwa tren kenaikan harga emas yang terlihat pada hari sebelumnya diperkirakan akan terus berlanjut. 

Salah satu faktor yang mempengaruhi kenaikan harga emas adalah penantian terhadap rilis data ekonomi Core PCE Price Index.

Baca Juga: Dolar Australia Berpotensi Menguat di Tengah Potensi Kenaikan Suku Bunga & Perang

Secara teknikal, Fischer menjelaskan bahwa harga emas masih berada dalam tren naik yang kuat. Trenline menunjukkan tidak adanya tanda-tanda pembalikan yang signifikan.

Meskipun ada potensi penurunan harga dalam jangka pendek, secara keseluruhan, tren naik diperkirakan akan mendominasi pergerakan harga emas. 

"Penting untuk mencatat bahwa sebelum rilis data Core PCE Price Index, harga emas masih akan cenderung naik. Data ini memiliki pengaruh signifikan terhadap pasar dan akan menjadi faktor penting yang harus diperhatikan oleh para investor," ujar Fischer dalam riset hariannya, Selasa (28/5).

Untuk diketahui, Core PCE Price Index adalah salah satu indikator inflasi yang diawasi ketat oleh Federal Reserve AS. Data ini sering kali mempengaruhi keputusan kebijakan moneter, yang pada gilirannya dapat mempengaruhi harga emas.

Baca Juga: Harga Emas dalam Tren Melemah, Begini Prospek Komoditas Logam Mulia ke Depan

Menurut Fischer, menjelang rilis data ini, pasar emas kemungkinan akan mengalami volatilitas, namun tren kenaikan masih akan mendominasi. Selain itu, dia mengatakan bahwa rilis data ini juga sangat penting dan bisa menjadi katalis utama bagi pergerakan harga emas dalam minggu ini. 

"Investor harus siap menghadapi fluktuasi harga yang mungkin terjadi sebelum dan setelah data tersebut dirilis," tambah Fischer.

Melihat pergerakan harga emas pada sesi perdagangan sebelumnya, emas (XAU/USD) mengalami kenaikan selama sesi AS pada hari Senin (27/5).

Di Divisi Comex New York Mercantile Exchange, emas untuk penyerahan Juni diperdagangkan pada US$ 2.00 per ons troi, meningkat sebesar 0.77%. Harga ini sebelumnya sempat mencapai sesi tinggi yang menunjukkan adanya minat beli yang kuat dari para pelaku pasar.

Baca Juga: Ketidakpastian di Pasar Berlanjut, Berikut Saran Alokasi Aset Keuangan Saat Ini

Secara keseluruhan, prediksi harga emas hari ini menunjukkan optimisme terhadap tren kenaikan harga emas. Meskipun ada kemungkinan penurunan harga dalam jangka pendek, tren naik diperkirakan akan tetap dominan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM) Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×