kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45887,73   13,33   1.52%
  • EMAS1.360.000 0,74%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga Minyak Naik, Jelang Rilis data Inflasi AS Pekan Ini


Selasa, 28 Mei 2024 / 06:18 WIB
Harga Minyak Naik, Jelang Rilis data Inflasi AS Pekan Ini
ILUSTRASI. Harga minyak lanjut menguat pada perdagangan Selasa (28/5) pagi. REUTERS/Pascal Rossignol


Reporter: Herlina KD | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Harga minyak lanjut menguat pada perdagangan Selasa (28/5) pagi. Pukul 06.10 WIB, harga minyak west texas intermediate (WTI) untuk pengiriman Juli 2024 di New York Mercantile Exchange ada di US$ 78,53 per barel, naik 1,04% dari perdagangan sebelumnya yang ada di US$ 77,72 per barel.

Mengutip Reuters, harga minyak naik setelah melemah pekan lalu imbas prospek penurunan suku bunga Amerika Serikat (AS) yang semakin redup.

“Sentimen di sektor minyak… sedang gelisah karena investor terus-menerus mengkalibrasi ulang ekspektasi terhadap arah kebijakan moneter Federal Reserve,” kata Vandana Hari, pendiri penyedia analisis pasar minyak Vanda Insights seperti dikutip Reuters.

Data terbaru yang berasal dari negara-negara Barat telah mengubah ekspektasi penurunan suku bunga tergantung pada geografi.

Baca Juga: Harga Minyak Mentah Naik Tipis Senin (27/5), Brent ke US$82,68 dan WTI US$78,30

Pada hari Senin, para pengambil kebijakan utama Bank Sentral Eropa (ECB) mengatakan ECB memiliki ruang untuk memangkas suku bunga karena inflasi melambat namun butuh waktu untuk melakukan pelonggaran kebijakan.

Angka inflasi di zona euro akan dirilis pada hari Jumat, dan para ekonom percaya perkiraan kenaikan hingga 2,5% tidak akan menghentikan ECB untuk melakukan pelonggaran kebijakan minggu depan.

Indeks pengeluaran konsumsi pribadi AS yang diperkirakan pada minggu ini akan menjadi sorotan untuk memberikan sinyal lebih lanjut mengenai kebijakan suku bunga. Indeks tersebut, yang akan dirilis pada tanggal 31 Mei, dipandang sebagai ukuran inflasi pilihan Federal Reserve AS.

Data inflasi Jerman pada hari Rabu dan pembacaan zona euro pada hari Jumat juga akan diawasi untuk melihat tanda-tanda penurunan suku bunga Eropa yang telah diperkirakan oleh para pedagang untuk minggu depan.

Fokus investor juga akan tertuju pada pertemuan kelompok produsen minyak OPEC+ yang terdiri dari Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan sekutunya termasuk Rusia. Pertemuan tersebut akan berlangsung secara online pada 2 Juni.

Baca Juga: Harga Minyak Stabil, Investor Menanti Pertemuan OPEC+ Akhir Pekan Ini

Menurut sumber OPEC+, kelompok itu kemungkinan besar akan memperpanjang pengurangan produksi sebesar 2,2 juta barel per hari.

Goldman Sachs menaikkan perkiraan permintaan minyak global untuk tahun 2030 pada hari Senin dan memperkirakan konsumsi akan mencapai puncaknya pada tahun 2034 karena potensi perlambatan dalam penggunaan kendaraan listrik, sehingga menjaga kilang tetap beroperasi pada tingkat yang lebih tinggi dari rata-rata hingga akhir dekade ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Pre-IPO : Explained Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM)

[X]
×