kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jaya Real Property (JRPT) menyiapkan Rp 140 miliar untuk membangun Oceanarium


Minggu, 16 Mei 2021 / 14:30 WIB
Jaya Real Property (JRPT) menyiapkan Rp 140 miliar untuk membangun Oceanarium


Reporter: Wahyu Tri Rahmawati | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Jaya Real Property Tbk (JRPT) akan membangun proyek konservasi alam Oceanarium yang berlokasi di Bintaro Jaya Xchange Mall Tahap 2. Oceanarium merupakan tempat untuk memelihara tumbuhan dan biota-biota laut yang digunakan sebagai sarana penelitian, pelestarian dan pengembangan kelautan, dan dipamerkan sebagai sarana rekreasi.

Jaya Real Property menghitung belanja modal atawa capital expenditure (capex) sebesar Rp 140,41 miliar untuk proyek Oceanarium. JRPT telah mengeluarkan dana Rp 5,53 miliar pada tahun 2019 dan 2020 untuk proyek ini. "Pelaksanaan investasi baru akan dilaksanakan setelah mendapatkan persetujuan rapat umum pemegang saham," ungkap JRPT dalam keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia (BEI), Selasa (11/5).

Untuk melanjutkan pengembangan, Jaya Real Property akan memerlukan persetujuan pemegang saham. Pasalnya, bidang usaha konservasi alam Oceanarium ini belum termasuk dalam kegiatan usaha JRPT meski nilai investasi hanya 1,78% dari ekuitas Jaya Real Property.

Jaya Real Property memilih lokasi Bintaro Jaya Xchange tahap 2 karena memiliki akses yang mudah dan nilai strategis dalam prospek sarana rekreasi. Apalagi, JRPT membidik target pasar Jabodetabek untuk proyek Oceanarium ini.

Baca Juga: Jaya Real Property (JRPT) menyiapkan Rp 100 miliar untuk buyback saham

Menurut penghitungan studi kelayakan dari Trucel, tingkat pengembalian atau internal rate of return (IRR) proyek ini sebesar 11,93%. Sementara weighted average cost of capital (WACC) proyek sebesar 11,60%. "Dengan demikian, proyek pembangunan konservasi alam Oceanarium berpotensi untuk meningkatkan nilai tambah bagi para pemegang saham Jaya Real Property," ungkap JRPT.

Jaya Real Property memperkirakan Oceanarium akan menghasilkan pendapatan mulai tahun 2022. Di tahun pertama ini, pendapatan dari Oceanarium diperkirakan sebesar Rp 9,48 miliar dan meningkat menjadi Rp 57,51 miliar di tahun 2023.

Baca Juga: Sejumlah emiten berencana buyback, begini rekomendasi analis

Proyek Oceanarium diperkirakan baru menghasilkan laba di tahun ketiga yakni 2024. Di tahun tersebut, laba Oceanarium diprediksikan Rp 3,22 miliar.

Sekadar informasi, Jaya Real Property memiliki berbagai proyek seperti Bintaro Jaya, Graha Raya, Serpong Jaya, Grand Batavia, Bintaro Trade Center, Plaza Bintaro Jaya, Plaza Slipi Jaya, Pasar Senen III, Pasar Senen IV, Pasar Senen V, Pusat Grosir Senen Jaya,  Jembatan Multiguna Senen Jaya, Bintaro Jaya Xchange, BX Rink, Pasar Modern, Fresh Market, Hotel, Jaya Imperial Park, dan pengelola kawasan Bintaro.

Baca Juga: Jaya Real Property luncurkan hunian menengah atas mulai Rp 1,1 miliar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×