kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45963,73   -4,04   -0.42%
  • EMAS1.315.000 0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

IPO King Tyre Indonesia (TYRE) Oversubscribed 9,76 Kali


Senin, 08 Mei 2023 / 14:15 WIB
IPO King Tyre Indonesia (TYRE) Oversubscribed 9,76 Kali
ILUSTRASI. Saham PT King Tyre Indonesia Tbk (TYRE) langsung melejit 34,78% atau 48 poin ke posisi Rp 186 pada perdagangan perdana saham di Bursa Efek Indonesia (BEI), Senin (8/5).


Reporter: Aurelia Felicia | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Saham PT King Tyre Indonesia Tbk (TYRE) langsung melejit 34,78% atau 48 poin ke posisi Rp 186 pada perdagangan perdana saham di Bursa Efek Indonesia (BEI), Senin (8/5).

Dalam initial public offering (IPO), TYRE menawarkan sebanyak 700 juta saham baru atau 20,13% dari seluruh total modal yang disetor penuh setelah IPO.

Saham TYRE ditawarkan dengan harga penawaran sebesar Rp 138 per saham sehingga dana IPO yang terkumpul sebesar Rp 96,6 miliar.

Perusahaan ke 35 yang tercatat di BEI tahun 2023 ini akan menggunakan dana hasil IPO untuk modal kerja antara lain untuk pembelian bahan baku, biaya tenaga kerja langsung dan biaya overhead pabrik.

Setelah IPO, President Director PT King Tyre Indonesia, Harris Muliawan menargetkan adanya pertumbuhan laba dari posisi saat ini.

“Kami menargetkan laba untuk naik kurang lebih 10% dari currently yang sekarang ada ini,” ujarnya pada saat pencatatan perdana TYRE di Jakarta, Senin (8/5).

Baca Juga: Resmi Melantai di BEI, Saham Jatis Mobile (JATI) Melesat 35%

Target tersebut diupayakan tercapai dengan beberapa opsi permodalan antara lain dana hasil IPO dan juga dana pinjaman perbankan.

Perwakilan Penjamin Pelaksana Emisi Efek PT Victoria Sekuritas Indonesia, R.A. Wisnu Widodo juga menyatakan keyakinannya terhadap pertumbuhan emiten industri ban luar dan ban dalam ini.

Prospek usaha TYRE ke depannya dinilai positif mengingat permintaan pasar yang kian meningkat sejalan dengan meningkatnya permintaan jumlah kendaraan bermotor di Indonesia.

Di sisi lain, menggeliatnya kembali roda perekonomian pasca pandemi Covid-19 yang mendukung mobilitas masyarakat serta permintaan pasar yang beragam dapat menjadi ruang bagi TYRE untuk mengembangkan produk baru dan meluncurkan varian ban baru.

“Tingginya antusiasme masyarakat terhadap IPO perseroan tersebut menunjukkan kepercayaan masyarakat yang tinggi terhadap pasar modal pada umumnya dan secara khusus pada bidang industri ban dimana perseroan bergerak saat ini,” jelas Wisnu dalam siaran pers pencatatan perdana saham Senin (8/5).

Hal ini tercermin dari saham TYRE yang oversubscribed 9,76x dari total saham IPO TYRE atau oversubscribed sebanyak 43,53x dari porsi pooling.

Baca Juga: IPO Tripar Multivision Plus (RAAM) Alami Oversubscribed 88,01 Kali

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet Using Psychology-Based Sales Tactic to Increase Omzet

[X]
×