kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

IPO Harapan Duta Pertiwi oversubscribed hingga 100 kali


Kamis, 20 Mei 2021 / 13:38 WIB
IPO Harapan Duta Pertiwi oversubscribed hingga 100 kali
Karoseri alat berat PT?Harapan Duta Pertiwi Tbk (HOPE).


Reporter: Kenia Intan | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perusahaan yang bergerak di bidang usaha karoseri, PT Harapan Duta Pertiwi, bersiap melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 24 Mei 2021 mendatang. Calon emiten dengan kode saham  HOPE itu melepas 40% dari modal yang ditempatkan dan disetor penuh atau setara 851,67 juta saham.

Setiap sahamnya ditawarkan dengan harga Rp 118. Alhasil, dalam proses penawaran umum perdana saham atau initial public offering (IPO), Harapan Duta Pertiwi mengantongi dana segar hingga Rp 100,5 miliar. 

Saat penawaran umum saham digelar pada 11 hingga 18 Mei 2021, saham Harapan Duta Pertiwi mengalami oversubscribed lebih dari 100 kali. Dalam aksi korporasi ini, Harapan Duta Pertiwi menggandeng PT Danatama Makmur Sekuritas dan PT Yuanta Sekuritas Indonesia sebagai lead underwriter atau penjamin pelaksana emisi efek. 

Sebagai pemanis, Harapan Duta Pertiwi juga menerbitkan waran sebanyak 425.83 juta waran Seri I. Rasio waran yang diterbitkan adalah setiap dua saham baru akan mendapatkan satu waran Seri I. Adapun dana yang didapatkan dari pelaksanaan waran rencananya akan digunakan untuk modal kerja. 

Baca Juga: Harapan Duta Pertiwi bakal IPO dengan harga penawaran Rp 118 per saham

Kevin Jong, Direktur Utama Harapan Duta Pertiwi, mengungkapkan ada beberapa partner strategis yang sudah mengutarakan minatnya untuk berinvestasi di Harapan Duta Pertiwi. Salah satunya Adrianus Eka Putra, pemilik PT Bengawan Karya Sakti atau karoseri Beng. Diharapkan, langkah ini bisa memberi dampak positif khususnya dari sisi penjualan. 

Kevin menambahkan, IPO akan membawa Harapan Duta Pertiwi ke babak baru dalam industri karoseri di Indonesia. "Melalui struktur permodalan yang bertambah kuat dengan dukungan publik, kami mempunyai komitmen untuk dapat menjadi perusahaan yang bernilai tinggi dalam industri karoseri di Indonesia, dengan memenuhi berbagai macam kebutuhan dari pelanggan, guna mendukung pembangunan bangsa dan negara Indonesia," ujar dia dalam siaran pers, Kamis (20/5). 

Baca Juga: Ini kata pengamat startup soal soal rencana Traveloka IPO lewat metode SPAC

Asal tahu saja, Hraapan Duta Pertiwi akan menggunakan dana yang terhimpun dari penawaran umum sebagai modal kerja dalam bentuk pembelian bahan baku untuk pembuatan bagian atau karoseri kendaraan bermotor. Emiten baru ini juga akan menggunakan dana IPO untuk peningkatan fasilitas pabrik dan penunjangnya seperti sarana dan prasarana untuk menunjang aktivitas di pabrik. Sarana prasarana penunjang yang dimaksud misalnya instalasi hoist crane, perbaikan area lantai pabrik dengan semen dan aspal, penutupan atap area pabrik yang masih terbuka, peningkatan ventilasi, serta pembelian mesin produksi. 

Sekadar informasi, PT Harapan Duta Pertiwi merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pembuatan karoseri dengan berbagai macam lini produk seperti dump truck, tangki air, tangki crude palm oil (CPO) dan bahan bakar minyak (BBM), tangki hi-blow, cement mixer, wing box dan box besi untuk transporter logistik, trailer untuk mengangkut kontainer, self-loader untuk mengangkut alat berat dan berbagai produk high engineering lainnya.

Baca Juga: IHSG diproyeksi kembali koreksi, ini saham yang bisa dicermati pada Kamis (20/5)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×