kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.308.000 -0,76%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Intip Tips Maksimalkan Cuan dari Reksadana Pendapatan Tetap Berikut Ini


Jumat, 19 Januari 2024 / 04:30 WIB
Intip Tips Maksimalkan Cuan dari Reksadana Pendapatan Tetap Berikut Ini
ILUSTRASI. Reksadana.


Reporter: Akmalal Hamdhi | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Potensi pemangkasan suku bunga dapat mendukung pasar surat utang tanah air. Pada akhirnya, solidnya kondisi pasar obligasi Indonesia dapat berefek pada imbal hasil yang dicetak oleh reksadana pendapatan tetap.

Senior Vice President, Head of Retail, Product Research & Distribution Division Henan Putihrai Asset Management (HPAM) Reza Fahmi Riawan menilai bahwa, prospek reksadana pendapatan tetap di tahun 2024 ini cukup baik.

Hal itu mengingat adanya potensi penurunan suku bunga acuan global dan juga dalam negeri yang akan mendorong kenaikan harga obligasi.

“Reksadana pendapatan tetap juga memiliki risiko yang lebih rendah dibandingkan reksadana saham, sehingga cocok untuk investor yang memiliki profil risiko moderat atau ingin diversifikasi portofolio,” ungkap Reza kepada Kontan.co.id, Kamis (18/1).

Baca Juga: Ada Potensi Untung Besar dari Reksadana Offshore

Namun, Reza mengingatkan, perlu dipertimbangkan imbal hasil (return) yang ditawarkan reksadana pendapatan tetap kemungkinan tidak sebesar tahun lalu, karena dampak pandemi sudah mulai mereda dan perekonomian mulai pulih.

Sebagai informasi, berdasarkan data Infovesta di sepanjang tahun 2023 lalu, indeks yang mengukur rata-rata produk reksadana pendapatan tetap mencetak return tertinggi sebesar 4,73% year on year (YoY).

Disusul reksadana pasar uang dengan return sebesar 3,94% YoY, reksadana campuran 0,86% sedangkan reksadana saham terpantau mencatat performa negatif yaitu minus -3,73%YoY.

Terlepas dari imbal hasil yang berpotensi tidak lebih besar dari tahun lalu, Reza menyampaikan beberapa tips untuk memaksimalkan imbal hasil produk pendapatan tetap.

Jika investor memilih reksadana pendapatan tetap, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, antara lain kinerja historis reksadana, kualitas aset reksadana, durasi reksadana dan komposisi aset reksadana.

Reza menjelaskan, dari sisi kinerja, investor dapat membandingkan kinerja reksadana dengan tolak ukur atau indeks yang relevan. Investor dapat melihat return dan risiko yang dicapai produk tersebut dalam periode tertentu.

Kualitas aset reksadana juga harus menjadi perhatian yaitu peringkat kredit dari efek bersifat utang yang menjadi aset dasar reksadana. Semakin tinggi peringkat kredit, semakin rendah risiko gagal bayar dari obligasi tersebut.

Baca Juga: Prospek Reksadana Offshore Diproyeksi Menarik Tahun Ini

Sementara durasi reksadana berguna untuk menyesuaikan kondisi pasar terkini. Investor bisa memilih reksadana dengan durasi yang sesuai dengan profil risiko dan tujuan investasi masing-masing.

“Untuk tahun 2024, reksadana dengan durasi menengah atau panjang mungkin lebih menarik, karena akan memberikan capital gain yang lebih besar jika suku bunga turun,” jelas Reza.

Tak kalah penting, Reza menuturkan, investor seharusnya melihat komposisi aset reksadana dari produk yang menjadi pilihan. Secara umum, obligasi pemerintah lebih aman tapi memberikan return lebih rendah dibandingkan obligasi korporasi.

Dan juga obligasi jangka pendek lebih stabil, tapi memberikan return lebih rendah dibandingkan obligasi jangka panjang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×