kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Intip Strategi Mitra Pinasthika Mustika (MPMX) Dorong Kinerja pada Tahun Ini


Senin, 19 Februari 2024 / 16:53 WIB
Intip Strategi Mitra Pinasthika Mustika (MPMX) Dorong Kinerja pada Tahun Ini
ILUSTRASI. Distribusi dan penjualan sepeda motor Honda oleh anak usaha PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk (MPMX).


Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk (MPMX) optimistis bisa menumbuhkan seluruh segmen bisnisnya pada tahun 2024. MPMX pun menargetkan pertumbuhan pendapatan sekitar 5% secara organik dibandingkan capaian tahun 2023.

General Manager Corporate Communication & Sustainability Mitra Pinasthika Mustika, Natalia Lusnita membeberkan strategi di masing-masing segmen bisnisnya. Meliputi segmen distribusi dan ritel motor, asuransi, transportasi, dan segmen multifinance.

Pertama, di segmen distribusi dan ritel motor, MPMX memperkirakan pendapatan tahun ini akan meningkat 3% - 5% dibandingkan tahun lalu. Sejalan dengan proyeksi peningkatan volume penjualan sepeda motor dan suku cadang pada level 3%-5%.

Pada tahun 2024, penjualan sepeda motor nasional diproyeksikan sebesar 6,2 juta - 6,5 juta unit. Natalia mengungkapkan, MPMX menargetkan dapat berkontribusi sekitar 11% - 13% terhadap penjualan nasional tersebut.

Baca Juga: Waskita Beton Precast (WSBP) Menyuplai Beton Untuk Proyek LRT Jakarta Fase 1B

Kedua, segmen asuransi. MPMX memperkirakan premi bruto pada tahun 2024 akan tumbuh 10% - 15% lebih tinggi dibandingkan tahun 2023. Hal ini didorong oleh asuransi kendaraan bermotor dan produk properti, dimana keduanya merupakan penyumbang terbesar premi bruto dari MPMInsurance.

"Kami berharap premi kendaraan bermotor akan meningkat seiring dengan proyeksi positif dari AISI dan Gaikindo, dan di produk properti akan meningkat seiring dengan banyaknya proyek dari para afiliasi kami," kata Natalia baru-baru ini.

Ketiga, segmen transportasi. MPMX akan terus mempertahankan ketersediaan armada sewa pada level 16.000 unit pada tahun 2024, dengan tetap mempertahankan tingkat utilisasi sewa di 93%-94%. 

Pada lini bisnis ini, MPMX akan membuka cabang baru di luar pulau Jawa yang memiliki pertumbuhan ekonomi tinggi di pulaunya, seperti Riau, Lampung, dan Kalimantan Timur. Kemudian, memaksimalkan unit yang menganggur dengan sewa jangka pendek untuk B2C dan B2B.

"Dalam hal layanan pengemudi, kami memperkirakan jumlah pengemudi sewaan akan meningkat sekitar 5% didorong oleh meningkatnya okupansi mobil penumpang dan terbukanya layanan pengemudi untuk unit non-sewa," imbuh Natalia.

Selanjutnya, di lini bisnis penjualan mobil bekas, pada tahun ini MPMX menyiapkan sejumlah strategi. Natalia menyampaikan, MPMX akan mengoptimalkan aging dari mobil sewaan untuk memberikan harga mobil bekas yang lebih baik. 

Baca Juga: Prima Cakrawala Abadi (PCAR) Bidik Penjualan Rp 300 Miliar pada Tahun 2024

Kemudian, menjalin hubungan yang lebih intensif dengan berbagai perusahaan pembiayaan dan perbankan untuk mendapat lebih banyak pasokan unit eksternal. 

"Kami juga akan memperluas lokasi AUKSI dengan membuka lokasi perwakilan baru di Pekanbaru dan Palembang dan menumpang di beberapa lokasi MPMRent," imbuh Natalia.

Keempat, segmen bisnis multifinance, yakni melalui Jaccs MPMFinance Indonesia. MPMX memperkirakan pertumbuhan pemesanan baru sebesar 20% - 25% pada tahun 2024, dengan target sebesar Rp 5,8 triliun.

Dalam segmen ini, MPMX menyiapkan beberapa inisiatif strategis. Dalam pembiayaan roda dua, MPMX akan melanjutkan ekspansi bisnis di luar Jawa Timur & Bali & Nusa Tenggara, serta  menargetkan peningkatan pemesanan baru dari pembiayaan motor.




TERBARU

[X]
×